Piala Dunia 2022

Rekor-rekor Gol yang Pernah Tercipta di Kancah Piala Dunia, Pele Tak Tertandingi

Senin, 5 Desember 2022 13:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Marc Piasecki/Getty Images
Berikut ini adalah rekor-rekor gol yang pernah tercipta di perhelatan Piala Dunia. Rekor milik legenda Brasil, Pele, sampai kini belum tertandingi. Copyright: © Marc Piasecki/Getty Images
Berikut ini adalah rekor-rekor gol yang pernah tercipta di perhelatan Piala Dunia. Rekor milik legenda Brasil, Pele, sampai kini belum tertandingi.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah rekor-rekor gol yang pernah tercipta di perhelatan Piala Dunia. Rekor milik legenda Brasil, Pele, sampai kini belum tertandingi.

Euforia Piala Dunia 2022 Qatar masih terus berlanjut. Para pemain berjuang membawa negara mereka untuk menjadi yang terbaik.

Beberapa dari para pemain juga berhasil membukukan rekor. Namun, kalau bicara soal rekor gol-gol di Piala Dunia, empat sosok berikut ini belum ada tandingannya.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pesepak bola yang membukukan rekor fantastis usai mencetak gol di Piala Dunia.

1. Pencetak Gol Tercepat: Hakan Sukur

Pencetak gol tercepat di sepanjang sejarah Piala Dunia adalah Hakan Sukur, penyerang asal Turki yang membukukan gol di detik ke sebelas, setelah peluit kick off berbunyi.

Rekor fantastis itu berhasil ia ukir saat menghadapi ruan rumah Korea Selatan, pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2002 di Daegu World Cup Stadium.

2. Pencetak Gol Termuda: Pele

Rekor pencetak gol termuda di Piala Dunia, masih dipegang oleh bintang Brasil, Pele. Ia melesakkan gol ke gawang Wales dalam pertandingan Piala Dunia 1958 silam.

Kala itu, Pele mencetak gol saat ia masih berusia 17 tahun dan 239 hari. Berkat gol tunggal miliknya, Brasil lolos ke semifinal Piala Dunia 1958, dan kemudian jadi juara.

3. Pencetak Gol Tertua: Roger Milla 

Pencetak gol tertua di sepanjang sejarah Piala Dunia masih dipegang oleh striker asal Kamerun, Roger Milla. Ia melesakkan gol ke gawang Rusia di pentas Piala Dunia 1994.

Kala itu, Roger Milla membukukan gol dalam usia 42 tahun 39 hari. Sayangnya, Kamerun harus dibantai oleh Rusia dengan skor 6-1.

Gol itu sekaligus mematahkan rekor miliknya sendiri. Sebelumnya, Roger Milla mencetak gol di Piala Dunia 1990, pada usia 38 tahun.

4. Pencetak Gol Terbanyak: Miroslav Klose

Rekor pencetak gol terbanyak di Piala Dunia, kini dipegang oleh Miroslav Klose. Pemain asal Jerman itu telah mengoleksi 16 gol dari empat edisi Piala Dunia berbeda.

Lima gol ia bukukan di Piala Dunia 2002, sekaligus membawa Jerman menjadi runner up. Kemudian lima gol lainnya ia lesakkan di Piala Dunia 2006, Jerman jadi juara ketiga.

Empat gol tambahan ia bukukan di Piala Dunia 2010 lalu, termasuk brace ke gawang Argentina. Sisanya, dua gol ia cetak di Piala Dunia 2014, dan membawa Jerman juara.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.