Liga Indonesia

Riyandi Gabung Timnas, Persis Solo Bicara Kesiapan Gianluca Pandeynuwu untuk Liga 1

Senin, 5 Desember 2022 15:44 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© liga-indonesia.id
Kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu akan menggantikan posisi M Riyandi sebagai kiper Persis Solo di Liga 1. Copyright: © liga-indonesia.id
Kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu akan menggantikan posisi M Riyandi sebagai kiper Persis Solo di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper Persis Solo, Eddy Harto, tak khawatir timnya tak diperkuat Muhammad Riyandi pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Gianluca Pandeynuwu siap menjawab kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Riyandi bakal absen membela Persis Solo sepanjang Liga 1 jalan dengan sistem bubble. Riyandi bersama 27 pemain lain gabung Timnas Indonesia di Bali.

Mereka disiapkan untuk tampil menuju Piala AFF 2022. Di pos penjaga gawang, Timnas memanggil Riyandi bersama Nadeo Argawinata dan Syahrul Trisna Fadilla.

Absennya Riyandi membuat Gianluca Pandeynuwu otomatis naik jadi penjaga gawang utama. Sepanjang Liga 1 berjalan sebelas pekan, Gianluca baru tampil sekali dalam laga melawan PSM Makassar.

Minimnya menit bermain yang didapat musim ini membuat banyak pihak bertanya-tanya tentang kesiapan Gianluca. Ada enam laga super ketat yang akan berjalan kurang dari 25 hari.

Tantangan pertama datang ketika Persis Solo bersua Rans Nusantara FC, Selasa (06/12/22) malam. Laga pekan ke-12 Liga 1 akan berjalan di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Terkait hal itu, Eddy Harto tak ragu sedikitpun dengan kualitas Gianluca. Sama seperti Riyandi, Gianluca juga kerja keras dalam setiap sesi latihan.

"Persiapan sama, materi latihan yang diterima sama, tidak ada perbedaan. Jadi, tidak ada masalah dengan Riyandi gabung Timnas. Kita berdoa agar di Timnas diberi kelancaran dan mendapat tempat di sana," kata Eddy Harto.

Menurut Eddy Harto, Gianluca bisa mengikuti program latihan dengan baik. Namun, pahlawan sepak bola Indonesia pada SEA Games 1991 ini tak memungkiri minimnya menit bermain Gianluca musim ini.

"Kendalanya hanya itu saja, Gianluca sudah lama tidak turun reguler, baru satu pertandingan saja. Tapi Gianluca sudah punya pengalaman cukup banyak. Saya yakin dia bisa mengatasi itu," tutur Eddy Harto.