Piala Dunia 2022

3 Alasan Swiss Bisa Buat Portugal Bertekuk Lutut dan Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Selasa, 6 Desember 2022 15:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut tiga alasan mengapa Timnas Swiss bisa membuat Timnas Portugal bertekuk lutut dan tersingkir dari Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut tiga alasan mengapa Timnas Swiss bisa membuat Timnas Portugal bertekuk lutut dan tersingkir dari Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann)

INDOSPORT.COM – Berikut tiga alasan mengapa Timnas Swiss bisa membuat Timnas Portugal bertekuk lutut dan tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan kembali dilanjutkan saat dua tim Eropa bertemu dalam duel antara Portugal vs Swiss, Rabu (07/12/22) dini hari WIB.

Pertandingan kali ini akan memperebutkan satu tiket menuju babak perempat final. Di atas kertas, Portugal jelas lebih diunggulkan ketimbang Swiss.

Maklum saja, materi pemain Portugal jauh lebih baik ketimbang lawannya itu. Hampir setiap lini juara Euro 2016 itu berisikan pemain yang bermain di klub-klub top.

Di sisi lain, Portugal juga berhasil menembus babak 16 besar dengan status juara grup H, berbanding terbalik dengan Swiss yang harus bersusah payah hingga laga terakhir hanya untuk menempati posisi runner-up grup G.

Dengan perbedaan materi dan sepak terjang di Piala Dunia 2022 ini, Portugal menjadi tim yang dijagokan melangkah jauh, menyusul tim-tim besar lainnya yang telah ke perempat final.

Namun hal ini bukanlah suatu alasan bagi Swiss untuk menyerah. Ada beberapa alasan yang membuat Rossocrociati justru bisa mengejutkan Portugal dan menyingkirkan lawannya dari Piala Dunia 2022.

Apa saja alasan tersebut? Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Head to Head

Meski punya materi dan rekam jejak lebih mentereng, Portugal tetap wajib mewaspadai Swiss, apalagi jika melihat Head to Head kedua tim.

Dalam sejarahnya, baik Portugal dan Swiss telah bertemu sebanyak 25 kali sejak pertama bertemu pada tahun 1938 silam.

Dalam 25 pertemuan di berbagai ajang itu, Swiss mampu meraih 11 kemenangan, 5 kali imbang, dan hanya kalah 9 kali dari Portugal.

Bahkan di pertemuan terakhir, anak asuh Murat Yakin berhasil mengalahkan Portugal dalam ajang UEFA Nations League dengan skor 1-0.

Dengan kiprah ini, Swiss punya suatu kejutan yang bisa diberikan kepada Portugal dan membuat lawannya itu tersingkir lebih cepat dari Piala Dunia 2022