Piala Dunia 2022

Jarang Starter di Piala Dunia 2022, Pelatih Portugal 'Salahkan' AC Milan atas Nasib Rafael Leao

Rabu, 7 Desember 2022 06:13 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Carl Recine
Minimnya kesempatan Rafael Leao bermain sebagai starter untuk Portugal di Piala Dunia 2022 rupanya sedikit banyak disebabkan oleh AC Milan. (Foto: REUTERS/Carl Recine) Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Minimnya kesempatan Rafael Leao bermain sebagai starter untuk Portugal di Piala Dunia 2022 rupanya sedikit banyak disebabkan oleh AC Milan. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Minimnya kesempatan Rafael Leao bermain sebagai starter untuk Portugal di Piala Dunia 2022 rupanya sedikit banyak disebabkan oleh AC Milan.

Kebebasan lebih yang didapatkan sang penyerang di I Rossoneri diklaim Fernando Santos selaku pelatih Selecao dapat merusak keseimbangan timnya apabila dipaksa untuk diterapkan.

Saat mengenakan kostum AC Milan, Leao adalah pemain yang tidak tergantikan. Tanpanya maka sang raksasa Italia bisa limbung.

Sebelum Piala Dunia 2022 dimulai, sayap berusia 23 tahun itu bisa mengemas tujuh gol dan enam assist dari 20 penampilan lintas ajang di level klub.

Hanya saja statistik tersebut belum cukup untuk membuat Rafael Leao bisa menjadi penampil reguler di level internasional bersama Portugal.

Masih banyak pemain berkualitas lain yang ada dalam skuat arahan Santos seperti Cristiano Ronaldo, Joao Felix, Bernardo Silva, Goncalo Ramos, dan lainnya.

Untuk saat ini, Leao lebih cocok untuk dijadikan impact sub di Portugal dan hasilnya terbukti oke.

Eks penggawa Sporting Lisbon dan Lille tersebut di Piala Dunia 2022 telah menghasilkan dua gol dari empat penampilan sebagai pengganti.

Tidak ada pemain Portugal lain yang bisa lebih tajam dari Leao kecuali Ramos dan sejauh ini manajemen skuat Santos terlihat tepat.

Sang juru taktik sendiri mengaku bukannya pilih kasih dalam masalah menit bermain. Ia percaya pada semua pemainnya dan melakukan apa yang dianggap terbaik demi mencapai target juara di Qatar.