Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Gagal Bawa Spanyol ke Perempat Final, Luis Enrique Ogah Mundur?

Rabu, 7 Desember 2022 12:51 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Matthew Childs
Luis Enrique di laga 16 besar Piala Dunia 2022 Maroko vs Spanyol, Selasa (06/12/22). Foto: REUTERS/Matthew Childs. Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Luis Enrique di laga 16 besar Piala Dunia 2022 Maroko vs Spanyol, Selasa (06/12/22). Foto: REUTERS/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM – Apakah Luis Enrique menolak mundur usai Spanyol kalah dari Maroko dan gagal lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022?

Spanyol terpaksa angkat koper lebih cepat usai dikalahkan Maroko pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan skor 3-0 adu penalti.

Dengan hasil ini, pelatih La Furia Roja yakni Luis Enrique menuai sorotan karena gagal membawa Spanyol melaju ke babak semfinal, bahkan dikalahkan oleh tim kuda hitam, Maroko.

Luis Enrique sendiri telah melatih Spanyol sejak 2018. Sebelumnya, ia sempat mengundurkan diri pada 2019 selama empat bulan karena kematian putrinya.

Menanggapi berbagai pernyataan tentang posisinya sebagi pelatih Timnas Spanyol di masa depan, Luis Enrique mengaku tak ingin membicarakan hal itu lebih dalam.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda. Rekan Anda sudah bertanya keada saya dan saya tidak tahu karena saya tidak tahu keputusan ini,” tutur Luis Enrique.

“Sebetulnya, saya ingin melanjutkan (melatih tim) tapi saya harus berpikir lagi apa yang terbaik untuk saya dan juga tim nasional,” sambungnya.

Sebelumnya, Timnas Spanyol pernah memiliki catatan kelam di Piala Dunia 2018, yakni kalah dalam adu penalti kala melawan Rusia di babak 16 besar, juga melalui adu penalti.

Sayangnya, kejadian itu terulang kembali di edisi 2022. Luis Enrique mengungkapkan jelang pertandingan ia telah meminta pemainnya untuk berlatih penalti, namun hal ini menjadi sia-sia.

“Mereka mengeksekusi 100 persen semua instruksi saya. Mereka mengikuti rencana itu. Tapi mereka tidak bisa mencetak gol. Itulah akhirnya,” pungkas Enrique.