Bola Internasional

PSSI Mau Bikin Garuda Select Tandingan di Belanda, Singgung Marselino Ferdinan?

Rabu, 7 Desember 2022 19:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat berkunjung ke KNVB dan bertemu perwakilan klub Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat berkunjung ke KNVB dan bertemu perwakilan klub Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita, mengaku tengah berupaya menggelar program serupa Garuda Select, tetapi di Belanda.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program kerja sama PSSI dan Mola TV untuk mengirimkan sejumlah pemain muda berbakat untuk dilatih di Inggris.

Program pelatihan ini sudah berjalan sejak tahun 2019, dan kini telah memasuki musim kelima. Para pemain baru saja tiba di Inggris pada Senin (21/11/22) pekan lalu.

Guna menyaring lebih banyak pemain muda untuk berlatih ke luar negeri, PSSI kembali melirik peluang membuat program serupa.

Namun, bukan lagi di Inggris, PSSI ingin menjajaki kerja sama dengan KNVB untuk mengirim para pemain berlatih di Belanda.

"Kami memang sudah menjajaki beberapa program kerja sama, bisa ke arah sana (seperti Garuda Select), tunggu saja," ungkap Maaike Ira Puspita via Antara.

Menurut Maaike, saat ini PSSI tengah menyusun MoU untuk menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Belanda, yang diharapkan bisa ditandatangani tahun depan. 

Selain pembinaan pemain muda, Maaike menyebut kerja sama dengan KNVB juga meliputi program pelatihan pelatih, talent scout, dan pengembangan sepak bola putri.

"Kami menjajaki dari pelatihan pelatih dan talent scouting. Bagaimana mengidentifikasi dan memetakan bakat-bakat di Indonesia."

"Untuk sepak bola wanita, kami mencari cara bagaimana meningkatkan kualitas timnas putri, karena timnas putri Belanda akan bermain di Piala Dunia Putri di Australia tahun 2023," pungkas Maaike.