Piala Dunia 2022

Jebolan Piala Dunia yang Pernah Mentas di Klub Indonesia: Ada Pencetak Rekor Gol Tertua

Kamis, 8 Desember 2022 18:00 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© FIFA
Berikut pemain jebolan Piala Dunia yang pernah berkarier di klub Indonesia, termasuk ada pencetak gol tertua sepanjang sejarah. Copyright: © FIFA
Berikut pemain jebolan Piala Dunia yang pernah berkarier di klub Indonesia, termasuk ada pencetak gol tertua sepanjang sejarah.

INDOSPORT.COM - Berikut pemain jebolan Piala Dunia yang pernah berkarier di klub Indonesia, termasuk ada pencetak gol tertua sepanjang sejarah.

Sebagaimana diketahui, saat ini jagat sepak bola sedang dihebohkan dengan gelaran Piala Dunia 2022. Ajang yang digelar di Qatar ini telah memasuki babak 8 besar atau perempat final pada Jumat (09/12/22).

Sayangnya, para pecinta sepak bola khususnya Tanah Air masih belum bisa melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia sejak tampil pada 1938 silam.

Meski begitu, ada beberapa pemain jebolan Piala Dunia yang pernah meramaikan kompetisi Liga Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Roger Milla

Yang pertama ada mantan pemain Pelita Jaya dan Putra Samarinda yakni Roger Milla. Ia memutuskan berkarier di Indonesia setelah membela Kamerun di Piala Dunia edisi 1994 silam.

Roger Milla sendiri bukanlah sosok sembarangan. Ia berhasil membawa Kamerun sebagai negara Afrika pertama yang lolos ke babak 8 besar Piala Dunia pada edisi 1990 silam.

Tidak hanya itu, Roger Milla juga mencetak rekor sebagai pencetak gol tertua sepanjang sejara Piala Dunia di usia 42 tahun 39 hari di edisi 1994. Hingga kini belum ada pemain yang mampu melewati rekornya tersebut.

2. Mario Kempes

Yang kedua ada mantan pemain Argentina di Piala Dunia 1978 silam yaitu Mario Kempes. Di edisi tersebut, ia sukses membawa negaranya meraih gelar juara.

Setelah usianya sudah tidak lagi muda, klub Indonesia yakni Pelita Jaya berhasil membawa Mario Kempes untuk bermain di Tanah Air pada musim 1993-1994. Setelah pensiun, dirinya juga tercatat pernah menjadi pelatih di Pelita Jaya.

3. Michael Essien

Setelah itu ada pemain yang pernah membuat heboh Kota Bandung yakni Michael Essien. Eks bintang Chelsea dan Timnas Ghana ini merapat ke Persib Bandung pada 29 Maret 2017 lalu.

Saat tampil di skuat Maung Bandung untuk Liga 1 2017, Micahel Essien tampil dalam 29 laga dengan torehan 5 gol. Di Timnas Ghana, ia pernah bermain di Piala Dunia edisi 2006 dan 2014.

4. Didier Zokora

Selanjutnua ada Didier Zokora yang pernah tampil bersama Timnas Pantai Gading di Piala Dunia 2006, 2010, serta 2014. Eks bintang Tottenham Hotspur ini pernah memperkuat Semen Padang pada 2017 lalu.

Meski bertatus sebagai jebolan Piala Dunia, Didier Zokora gagal berninar. Ia tidak mampu mencatatkan gol satu pun dalam 11 pertandingan bersama Semen Padang.

5. Pedro Pasculli

Yang terakhir ada eks bintang Argentina bernama Pedro Pasculli. Ia merupakan mantan pemain timnas Argentina di Piala Dunia 1986 silam dan pernah bermain bersama Diego Maradona.

Pemain yang membantu Argentina juara Piala Dunia 1986 ini bergabung ke Pelita Jaya pada musim 1996. Di Indonesia, Pedro Pasculli mampu tampil tajam dengan mengemas 12 gol dari 18 penampilan.