In-depth

Profil Luis de la Fuente: Pengganti Luis Enrique dan 'Orang Lama' di Timnas Spanyol

Jumat, 9 Desember 2022 10:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Quality Sport Images/Getty Images
Profil Luis de la Fuente, pelatih baru Timnas Spanyol pengganti Luis Enrique. Foto: Quality Sport Images/Getty Images. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Profil Luis de la Fuente, pelatih baru Timnas Spanyol pengganti Luis Enrique. Foto: Quality Sport Images/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Profil Luis de la Fuente, pelatih baru Timnas Spanyol yang ditunjuk gantikan Luis Enrique setelah kegagalan di Piala Dunia 2022.

La Furia Roja akhirnya sah mendapat pelatih baru setelah Luis Enrique lengser dari jabatannya sebagai pelatih beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Spanyol harus angkat kaki lebih cepat dari Piala Dunia 2022 setelah ditendang oleh Maroko di 16 besar.

Cukup dramatis, kedua tim harus melewati sesi adu penalti menegangkan usai pertandingan berakhir imbang 0-0 di waktu normal dan tidak ada satu pun gol tercipta saat extra time.

Sebanyak tiga eksekutor penalti Spanyol gagal total dalam menjalankan tugas, sehingga Moroko-lah yang tampil sebagai pemenang dengan skor 3-0!

Seiring berakhirnya perjalanan Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022, tuntas pula tugas Luis Enrique menangani skuad La Furia Roja.

Namun tidak butuh waktu lama bagi induk sepak bola Spanyol, RFEF, untuk menemukan pengganti pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Adalah Luis de la Fuente yang didapuk sebagai pelatih baru Timnas Spanyol. Berusia 61 tahun, ia pun sedikit lebih senior dari Luis Enrique dari segi usia.

Meski begitu, ia bukan sosok asing di ruang lingkup Timnas Spanyol, lantaran pernah menangani tim-tim level usia mereka.

Mungkin karena hal ini pula, RFEF terbilang cukup cepat merekrutnya sebagai pelatih baru Timnas Spanyol. Tidak perlu ke mana-mana, pengganti Luis Enrique ternyata sudah ada di depan mata!