Liga Indonesia

Liga 1: Kegirangan, Pelatih Borneo FC Bongkar Kunci Sukses Libas PSIS

Sabtu, 10 Desember 2022 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar. Copyright: © Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar.

INDOSPORT.COM - Borneo FC meraih kemenangan meyakinkan 4-2 atas PSIS Semarang dalam laga pekan ke-13 Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (9/12/22). Sontak posisi mereka naik ke peringkat ketiga klasemen sementara.

Borneo FC sudah memimpin 3-1 di babak pertama setelah Stefano Lilipaly (19'), Jonathan Bustos (22') dan Agung Prasetyo (31') mencatatkan nama di papan skor. Sedangkan satu gol PSIS dicetak Fredyan Wahyu (35').  

Di babak kedua, PSIS sempat menipiskan skor menjadi 2-3 setelah Hari Nur membobol gawang Borneo FC (67'). Namun, Stefano Lilipaly lagi-lagi mengandaskan asa Laskar Mahesa Jenar lewat gol tendangan bebas (82'). 

Pelatih Borneo FC, Andre Gaspar, mengatakan tiga gol cepat di babak pertama merupakan faktor utama timnya bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan. Dia sudah membaca kekuatan PSIS, sehingga meminta anak asuhnya menekan sejak menit pertama. 

"Sebelum pertandingan, kami sudah tahu PSIS Semarang tim yang bagus. Mereka datang ke sini setelah menang melawan Madura," ujar Andre Gaspar

"Tapi, tim kami bermain bagus dan bisa bikin tiga gol cepat. Memasuki babak kedua, dengan organisasi pemainan kami bisa menang pada hari ini (kemarin)," sambungnya. 

Absennya striker utama Borneo FC, Matheus Pato, disebut yang tidak mengganggu ketajaman lini depan. Andre Gaspar mengatakan Pesut Etam mempunyai banyak pemain berkualitas di sektor penyerangan. 

Ahmad Nur Hardianto, M. Sihran, A. Harjito mampu menjalankan peran Pato dengan baik. Kerja sama mereka dengan Stefano Lilipaly dan Bustos bisa menghasilkan dua gol. 

"Semua sudah tahu Pato pemain yang bagus dan dia saat ini menjadi top skor Liga 1. Dia tidak bisa bermain, tapi kami ada banyak pemain bagus juga," jelas Andre Gaspar.

"Hardianto, Andy, semua hari ini bermain bagus dan luar biasa. Mudah-mudahan Pato bisa balik lagi cepat dan bisa bantu tim di pertandingan selanjutnya," pungkasnya.