Piala Dunia 2022

Deretan Rekor yang Dibuat Maroko Usai Bekuk Portugal dan Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022

Minggu, 11 Desember 2022 15:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS-Carl Recine
Pemain Maroko merayakan keberhasilan mereka maju ke semi final Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine Copyright: © REUTERS-Carl Recine
Pemain Maroko merayakan keberhasilan mereka maju ke semi final Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM - Timnas Maroko berhasil mencetak sejumlah rekor setelah membungkam Portugal di babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Bermain di Stadion Al Thumama pada Sabtu (10/12/22) malam WIB, Maroko menang dengan skor tipis 1-0 atas Portugal. Satu-satunya gol dicetak oleh Youssef En-Nesyri di menit ke-42.

Kemenangan ini membuat Maroko berhak mendapatkan tiket lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka bakal dihadang oleh juara bertahan, Prancis dalam perebutan tiket ke partai final.

Sementara itu, hasil negatif tadi malam membuat skuat Portugal terpaksa harus segera memesan tiket pesawat untuk pulang dari Qatar.

Cristiano Ronaldo gagal memenuhi ambisinya meraih gelar juara Piala Dunia untuk pertama kali dalam kariernya. Pada edisi berikutnya, ia dipastikan tak bisa lagi ikut, dikarenakan usia sudah menginjak 41 tahun pada 2026.

Hal ini membuat Crstiano Ronaldo terlihat menangis meninggalkan lapangan, setelah pertandingan Maroko vs Portugal di perempat final Piala Dunia 2022 selesai. 

Timnas Maroko benar-benar menjadi kuda hitam yang menakutkan di Piala Dunia 2022. Setelah mengalahkan Portugal, ada sejumlah rekor yang mampu mereka pecahkan. Apa saja itu?

1. Maroko Jadi Tim Benua Afrika Pertama yang Mampu ke Semifinal

Sejak negara dari Afrika pertama kali mengikuti Piala Dunia di edisi 1934 silam, belum pernah ada tim yang mampu menembus empat besar atau semifinal Piala Dunia hingga 2018 lalu.

Prestasi terbaik negara dari Benua Afrika di Piala Dunia yakni hanya menembus babak 8 besar atau perempat final. Sebelumnua ada Kamerun (1990), Senegal (1998) dan Ghana (2010) yang mencapai perempat final.

Namun sayang, ketiganya harus gugur. Kini Maroko berhasil menyudahi kutukan tersebut di Piala Dunia 2022 dengan sukses melaju ke semifinal.