In-depth

Lolos Semifinal Piala Dunia 2022, Maroko Ulangi Sejarah Yunani Permak Portugal di Ajang Euro

Minggu, 11 Desember 2022 08:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS-Carl Recine
Kesuksesan Maroko menjungkalkan Portugal di Piala Dunia 2022 mengingatkan lagi kejayaan Yunani melumat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di ajang Euro. REUTERS-Carl Recine Copyright: © REUTERS-Carl Recine
Kesuksesan Maroko menjungkalkan Portugal di Piala Dunia 2022 mengingatkan lagi kejayaan Yunani melumat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di ajang Euro. REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM – Sejarah tercipta di Piala Dunia 2022 setelah Maroko menjungkalkan Portugal dan lolos babak semifinal. Torehan tim asal Afrika ini mengingatkan lagi kejayaan Yunani melumat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di ajang Euro.

Satu-satunya wakil Afrika, Maroko, kembali membuat kejutan di Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Singa Atlas tersebut berhasil memulangkan Portugal di babak perempat final dengan skoe 1-0.

Bertanding di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Maroko mengandalkan serangan balik setelah lini pertahanan mereka terus menerus dicecar Portugal sejak peluit babak pertama dibunyikan.

Youssef En-Nesyri menjadi aktor penting di balik kemenangan Maroko atas Portugal dalam laga tersebut.

Golnya ke gawang Portugal pada menit ke-42’ seusai memenangkan duel udara dengan Diogo Costa menjadi satu-satu gol yang tercipta selama waktu normal pertandingan.

Dengan hasil ini, Maroko sukses memecahkan rekor 88 tahun di mana tim asal benua Afrika selalu gagal menembus babak semifinal sejak keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

Sejak Mesir sebagai wakil pertama Afrika di Piala Dunia 1934, tim Benua Hitam paling banter hanya bertahan sampai perempat final. Mereka bahkan selalu kalah saing dengan para raksasa Eropa dan Amerika Selatan

Penampilan Maroko sepanjang gelaran Piala Dunia 2022 memang cukup mengejutkan. Tak diunggulkan, The Atlas Lions mampu melangkah jauh dengan mengandalkan kemampuan defensif mereka.

Hal ini terbukti dari delapan pertandingan yang dijalani Maroko di Piala Dunia 2022. Maroko mampu menjaga kesucian gawang, dengan 5 kemenangan dan 3 kali imbang (0-0) di waktu normal.

Gawang yang dikawal Yassine Bounou hanya kebobolan sekali, dan itu adalah gol bunuh diri Naif Aguer melawan Kanada dalam pertandingan yang mereka menang dengan skor 2-1.

Melansir dari Squawka, torehan yang diraih Hakim Ziyech dan kawan-kawannya ini pun mengingatkan kembali kepada Yunani ketika menjadi juara Euro pada 2004 silam.