Piala Dunia 2022

Maroko Tumbangkan Portugal, Setelah 88 Tahun Akhirnya Afrika Kirim Wakil ke Semifinal Piala Dunia

Minggu, 11 Desember 2022 00:43 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS-Carl Recine
Sejarah tercipta di Piala Dunia 2022 usai Maroko menaklukkan Portugal di babak delapan besar dengan skor tipis 1-0 pada Sabtu (10/12/22) malam. REUTERS-Carl Recine Copyright: © REUTERS-Carl Recine
Sejarah tercipta di Piala Dunia 2022 usai Maroko menaklukkan Portugal di babak delapan besar dengan skor tipis 1-0 pada Sabtu (10/12/22) malam. REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM - Sejarah tercipta di Piala Dunia 2022 usai Maroko menaklukkan Portugal di babak delapan besar dengan skor tipis 1-0 pada Sabtu (10/12/22) malam.

The Atlas Lions menjadi tim asal benua Afrika pertama yang bisa menembus semifinal Piala Dunia. Sebuah rekor yang harus menunggu 88 tahun untuk dipecahkan.

Negara Afrika sudah ikut ambil bagian di ajang terbesar sepakbola internasional sejak 1934 yang jadi edisi kedua dari Piala Dunia dengan Mesir sebagai wakil pertama mereka.

Hanya saja para peserta dari benua hitam paling banter hanya bisa menjadi kuda hitam karena kalah saing dengan para rakasasa Eropa dan Amerika Selatan.

Sebelum Piala Dunia 2022, paling banter mereka cuma bisa bertahan sampai perempat final. Sampai akhirnya Maroko membuat gebrakan dengan menggebuk Portugal dan mengunci satu tiket ke empat besar.

Maroko memang sebenarnya adalah negara yang gemar memetik rekor membanggakan untuk Afrika.

Negara yang juga dikenal dengan nama Maghrib itu pada Piala Dunia 1970 adalah tim Afrika pertama yang bisa memetik poin di ajang empat tahunan tersebut.

© REUTERS/Matthew Childs TPX IMAGES OF THE DAY
Pemain Maroko bersujud usai memastikan lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Matthew Childs TPX IMAGES OF THE DAY. Copyright: REUTERS/Matthew Childs TPX IMAGES OF THE DAYPara Pemain Maroko di Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Matthew Childs TPX IMAGES OF THE DAY.

Pada 1986, giliran rekor tim Afrika pertama yang dapat melaju hingga fase gugur juga mereka dapatkan.

Menarik untuk menyimak sampai mana kejutan Maroko akan mengalir di Piala Dunia 2022 yang sejauh ini sangat menghibur termasuk saat mengangkangi Portugal.

Hakim Ziyech dan kolega masih bukan favorit untuk menjadi juara namun tidak ada kata mustahil dalam sepakbola.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.