Liga Indonesia

Liga 1: Aji Santoso Sesali Para Pemain Persebaya Tak Bisa Pertahankan Keunggulan Atas Persib

Minggu, 11 Desember 2022 13:59 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, bersama pemainnya Supriadi saat konferensi pers menjelang pertandingan menghadapi Bali United. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, bersama pemainnya Supriadi saat konferensi pers menjelang pertandingan menghadapi Bali United.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya gagal mengamankan kemenangan saat menghadapi Persib Bandung, pada pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2022-2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (10/12/22).

Padahal, pada pertandingan yang berlangsung sore hari tersebut, Persebaya sempat unggul lebih dulu melalui Leo Lelis di babak pertama, saat memasuki menit 44. 

Namun, di babak kedua skuat Persib Bandung berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1, melalui gol yang dicetak oleh Ciro Alves (64') dan David da Silva (75').

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menilai pada pertandingan tersebut secara permainan kedua kesebelasan bermain imbang. Namun, dia menyayangkan keunggulan timnya di babak pertama tidak dapat diperhatikan.

Sehingga, pada pertandingan pekan ke-13 kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 tim Bajul Ijo gagal meraih poin dan harus mengakui keunggulan skuat Maung Bandung dengan skor tipis 2-1.

"Pertandingan berjalan sangat baik cukup berimbang, sayang kemenangan tidak bisa kami pertahankan," kata Aji Santoso saat konferensi pers setelah pertandingan.

Menurut Aji, gol Persib pada pertandingan tersebut tercipta lantaran kesalahan anak asuhnya, sehingga pemain Maung Bandung bisa memanfaatkannya untuk mencetak dua gol.

"Karena ada permasalahan dengan pemain belakang tadi, terutama di kedua tidak ada cropping, tidak ada cover dan Nando pun langsung keluar, berhenti lari lagi kalah cepat dengan David da Silva," ungkap Aji Santoso.

Aji menuturkan, persiapan Persebaya untuk menghadapi Persib sebenarnya sudah bagus dan anak asuhnya bisa menjalankannya tugasnya. Namun, mereka gagal mempertahankan keunggulan di babak kedua.

"Sebenarnya persiapan permainan bagus, sangat bagus permainan juga menurut saya cukup berimbang, tetapi sangat disayangkan kami tidak bisa mempertahankan kemenangan," jelasnya.

Setelah pertandingan tersebut tim pelatih pasti akan melakukan evaluasi.

Pasalnya evaluasi sudah biasa dilakukan setelah Persebaya melakoni pertandingan, baik saat meraih kemenangan seperti saat menghadapi Barito Putera maupun menelan kekalahan.

"Ya tentu pasti setiap pertandingan meskipun kami menang lawan Barito pun juga ada evaluasi, apalagi kalah dengan Persib, pasti ada evaluasi," ucap Aji.