Liga Indonesia

Luis Milla Bongkar Kunci Sukses Persib Lakukan Epic Comeback atas Persebaya di Liga 1

Senin, 12 Desember 2022 02:33 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Luis Milla, saat game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (05/11/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Luis Milla, saat game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (05/11/22).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung berhasil menaklukkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-1, pada pertandingan pekan ke-13 kompetisi Liga 1 Indoensia 2022-2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (10/12/22).

Pada pertandingan tersebut, skuat Maung Bandung sempat tertinggal lebih dulu 0-1 di babak kedua, melalui gol Leo Lelis saat memasuki menit 44.

Pelatih Persib, Luis Milla, mengatakan pada pertandingan tersebut pihaknya berusaha menerapkan strategi serangan balik di babak pertama. Pasalnya, Persebaya menempatkan banyak gelandang. 

Namun, Persebaya di babak pertama mampu memanfaatkan peluang menjadi gol, ditambah lagi lini pertahanan mereka sulit untuk ditembus oleh pasukannya. 

Sehingga, pada pertandingan babak pertama, skuat Maung Bandung harus tertinggal satu gol dari tim berjuluk Bajul Ijo.

"Di babak pertama rencana kami adalah ingin lebih banyak melakukan operan vertikal dan melancarkan serangan balik. Kami tahu, cara bermain Persebaya yang banyak menempatkan gelandang di lapangan," kata Luis Milla setelah pertandingan. 

"Di babak pertama, dalam 30 menit terakhir mereka memang bermain dengan lebih baik dengan menerapkan pertahanan yang tangguh juga," ucapnya menambahkan.

Memasuki babak kedua, Persib berusaha untuk mengejar ketertinggalannya, sehingga Luis Milla melakukan perubahan komposisi pemain dengan menurunkan tenaga baru, salah satunya Henhen Herdiana menggantikan Frets Butuan.

"Setelah itu, kami merasa pemain harus melakukan banyak pembenahan dan di babak kedua tim berada dalam situasi tertinggal dan kami juga harus lebih cepat di pertahanan," ungkapnya.

"Karena itu, kami memainkan Henhen yang lebih cepat dan setelah itu kami berada dalam situasi yang lebih baik," jelas Luis Milla menambahkan.

Selain Henhen, Luis Milla juga memasukkan Abdul Aziz dan Beckham Putra Nugraha, untuk menggantikan Daisuke Sato dan Nick Kuipers. Masuknya tenaga baru, membawa perubahan bagi permainan Persib.

Sehingga, tim kebanggaan Bobotoh bisa membalikkan keadaan menjadi 2-1, melalui gol yang dicetak oleh duo Brasil, Ciro Alves dan David da Silva.

"Selain itu, kami perlu lebih banyak menguasai bola dengan memasukan Aziz dan Beckham, itu rencananya," ungkap mantan pelatih timnas Indonesia ini.

"Di awal kami lebih fokus melakukan serangan balik dan tertinggal, di babak kedua kami harus lebih mengontrol permainan dan menguasai bola. Saya rasa di babak kedua permainan kami lebih baik," jelasnya.