Liga Indonesia

Opsi Fortes Main Inti Lawan Persija di Liga 1, PSIS Tunggu Rekomendasi Medis

Senin, 12 Desember 2022 18:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bomber asal Portugal, Carlos Fortes, punya kans jadi pemain inti saat PSIS Semarang bersua Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Opsi ini menunggu rekomendasi dari tim medis.

PSIS akan menghadapi Persija di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/22) malam. Laga pekan ke-14 ini sangat menarik karena ada kemungkinan Fortes main dari menit pertama.

Sejak Liga 1 digulirkan, runner up top skor Liga 1 2021/2022 belum pernah main inti. Bahkan, Fortes baru main pada sistem bubble ini setelah sembuh dari cedera hamstring.

Dalam dua laga, kesempatan bermain Fortes terus bertambah. Dari 14 menit melawan Madura United, kemudian jadi 45 menit saat partai lawan Borneo FC.

Pelatih PSIS, Ian Andrew Gillan, membeberkan kemungkinan Fortes tampil melawan Persija. Sejauh ini, Ian hanya bisa memastikan Fortes bisa tampil melawan tim Macan Kemayoran.

"Dia mengalami cedera dalam waktu lama. Selama ini PSIS berusaha manage cederanya dengan baik. Untuk melawan Persija akan kita pastikan lagi," kata Ian Andrew, Senin (12/12/22).

Soal kemungkinan Carlos Fortes main dari menit pertama, pelatih asal Inggris ini menyebut akan berdiskusi dengan tim medis. PSIS tak mau mengambil risiko besar ketika Fortes memang belum siap tampil sejak menit pertama.

"Soal main dari awal atau tidak, tim pelatih akan diskusi dengan tim medis tentang bagaimana yang terbaik untuk Fortes," tutur Ian Andrew.

Ternyata, bukan Fortes saja yang belum pasti masuk starting eleven. Alfeandra Dewangga yang jadi andalan lini belakang belum pasti bisa tampil.

Dewangga mengalami cedera yang membuatnya bisa absen melawan Persija. Ian Andrew mengatakan, Dewangga merupakan pemain penting, namun tak akan dipaksakan jika memang risikonya besar.

"Sama seperti Fortes, kita akan diskusikan dengan tim medis. Kalau Dewangga tidak siap main, masih ada pemain lain yang sama bagusnya dengan Dewangga," ujar pelatih berlisensi UEFA Pro ini.