Piala Dunia 2022

5 Fakta Rahasia yang SelimutiTrofi Piala Dunia

Rabu, 14 Desember 2022 18:40 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar Copyright: © FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar

INDOSPORT.COM - Piala Dunia adalah turnamen paling bergengsi di dunia sepak bola. Tetapi, ada sejumlah fakta menarik yang tidak banyak diketahui orang-orang.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia 2022 sudah berlangsung hingga perempat final. Kini, turnamen akbar ini akan melangsungkan babak semifinalnya.

Basil menempati peringkat teratas sebagai negara paling banyak menjuarai Piala Dunia dengan lima trofi. Di tempat kedua diisi oleh Jerman dan Italia yang sama-sama punya empat trofi.

Saat ini, Prancis yang tampil sebagai juara bertahan, tengah berjuang keras untuk mempertahankan prestasinya pada Piala Dunia 2022 ini.

Prancis akan menghadapi Maroko di babak semifinal, di mana nantinya pemenangnya akan bertemu pemenang antara Argentina melawan Kroasia.

Sebelum menyambut laga babak empat besar ini, tak ada salahnya untuk menyimak fakta-fakta yang terjadi selama Piala Dunia berlangsung, khususnya terhadap trofinya itu sendiri.

Berikut lima fakta menarik soal trofi Piala Dunia yang tidak banyak diketahui orang-orang.

Ada dua jenis trofi 

Ada dua jenis trofi Piala Dunia. Yang pertama adalah Piala Jules Rimet pada 1930-1970. Lalu, trofi kedua adalah Piala Dunia FIFA yang kita kenal sekarang dan dipakai sampai Piala Dunia 2018 kemarin.

Trofi pertama ini memiliki nama Victory yang kemudian pada 1946 namanya berubah menjadi The Jules Rimet Trophy.

Penggantian nama ini adalah untuk mengenang mantan presiden ketiga FIFA yang menjabat pada 1921-1954 lalu. Rimet adalah orang yang mengusulkan Piala Dunia pertama kali.