Liga Indonesia

RANS Nusantara Dibantai Persita, Rahmad Darmawan: Saya yang Tanggung Jawab!

Rabu, 14 Desember 2022 11:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih RANS Nusantara, Rahmad Darmawan (kanan) bersama pemainnya David Laly. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih RANS Nusantara, Rahmad Darmawan (kanan) bersama pemainnya David Laly.

INDOSPORT.COM - RANS Nusantara FC menelan kekalahan telak dari Persita Tangerang di pekan ke-14 Liga 1 2022, Selasa (13/12/22) di Stadion Sultan Agung, Bantul. Tim milik Raffi Ahmad tersebut dibantai dengan skor 4-1.

RANS bahkan sudah tertinggal 0-3 di babak pertama, setelah Persita sukses manfaatkan peluang lewat aksi Ramiro Fergonzi ('10), Elisa Basna ('25) dan Wildan Ramdhani ('32).

Di babak kedua, RANS perlahan mencoba bangkit setelah pelatih Rahmad Darmawan masukan beberapa pemain cepat seperti Defri Rizki dan Romadona.

Tetapi, RANS tetap kebobolan satu gol lagi pada menit ke-80, sebelum akhirnya bisa cetak gol hiburan lewat aksi Makan Konate ('87).

Pelatih Rahmad Darmawan mengakui Persita bermain lebih baik dibanding timnya. Tapi, dia menegaskan anak asuhnya sudah kerja keras dan bersyukur tidak ada yang mengalami cedera.

"Tentu saya ucapkan syukur ke Tuhan karena hari ini pemain kami masih diberi kesehatan hingga pertandingan berakhir. Selamat buat Persita yang bermain jauh lebih baik dari kami, mereka lebih cepat, lebih kuat dan lebih siap dan pantas memenangkan laga hari ini," kata RD, sapaan Rahmad Darmawan.

Juru taktik 56 tahun itu menjelaskan, RANS kesulitan keluar dari tekanan Persita, terutama di babak pertama. Meski ada perubahan di babak kedua, hal itu tidak banyak membantu karena tim lawan tetap bermain dengan intensitas tinggi.

"Pertandingan memang berjalan kurang baik untuk tim kami, terutama di babak pertama. Kami berada di dalam tekanan tinggi dari Persita. Babak kedua kami mulai keluar dari tekanan dan ciptakan beberapa peluang," jelas Rahmad Darmawan.

Kekalahan dari Persita ditegaskan Rahmad Darmawan akan menjadi tanggung jawabnya. Dia melihat anak asuhnya sudah maksimal beraksi di lapangan, tapi menang tidak beruntung.

"Saya apresiasi ke pemain karena sudah berusaha semampu mereka untuk maksimal hingga menit akhir. Saya tau mereka sudah maksimal karena saya kenal pemain saya. Ini kekalahan yang harus kami tanggung dan saya yang bertanggung jawab," ujar RD.