In-depth

2 Calon Lawan Takluk di Laga Uji Coba Jelang Piala AFF 2022, Angin Segar Buat Timnas Indonesia?

Kamis, 15 Desember 2022 16:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Logo Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Dua calon lawan timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Thailand dan Filipina, menelan kekalahan pada pertandingan uji coba. Apakah ini jadi angin segar untuk Skuat Garuda?

Seperti diketahui, Piala AFF 2022 akan mulai digelar per pekan depan. Turnamen ini akan berlangsung 20 Desember hingga 16 Januari mendatang.

Sebanyak 11 tim yang terbagi menjadi dua grup akan bersaing untuk memperebutkan empat tiket ke semifinal dan jadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia menghuni di grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B dihuni oleh Vietnam , Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos.

Sebagai persiapan, para peserta turnamen ini melakukan pemusatan latihan dan menggelar uji coba untuk mengukur sejauh mana kesiapan mereka.

Pada Rabu (14/12/22) ini Thailand, Filipina, Vietnnam dan Malaysia serempak menggelar uji coba menjelang persiapan jelang Piala AFF 2022.

Thailand yang menghadapi Chinese Taipei secara mengejutkan menelan kekalahan 0-1 di pertandingan yang digelar di Stadion Thammasat.

Sementara Vietnam yang merupakan tim terkuat di Asia Tenggara memetik kemenangan 1-0 atas Filipina dalam laga yang berlangsung di Hang Day Stadium.

Ada pun tetangga dekat timnas Indonesia, Malaysia mampu meraih kemenangan secara meyakinkan saat menjajal Maladewa dengan skor 3-0 di KLFA Stadium.

Kekalahan yang dialami Thailand dan Filipina ini tentunya menjadi kejutan, khususnya bagi timnas Indonesia. Sebab, keduanya termasuk tim yang diunggulkan di Grup  A Piala AFF 2022.

Namun, apakah ini menjadi jaminan bahwa skuad besutan Shin Tae-yong bakal mengungguli Thailand dan Filipina selama babak penyisihan grup nanti?