In-depth

Lengkap! Julukan Timnas Peserta Piala AFF 2022 dan Makna Penting di Baliknya

Jumat, 16 Desember 2022 17:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Tim sepak bola negara-negara yang mengikuti Piala AFF 2022 memiliki berbagai macam julukan yang menarik. Copyright: © PSSI
Tim sepak bola negara-negara yang mengikuti Piala AFF 2022 memiliki berbagai macam julukan yang menarik.

INDOSPORT.COM - Tim sepak bola negara-negara yang mengikuti Piala AFF 2022 memiliki berbagai macam julukan yang menarik.

Julukan untuk sebuah tim sepak bola memang bukan hal yang aneh lagi. Biasanya, penamaan tersebut tidak jauh-jauh dari latar belakang maupun kultur dari tim yang bersangkutan.

Chelsea dipanggil The Blues karena biru adalah warna mereka, begitu pula Liverpool dengan The Reds-nya, lalu Arsenal dipanggil The Gunners sesuai logo klub yang bergambar meriam.

Di Liga Indonesia, julukan-julukan tim sepak bolanya malah lebih menarik lagi, lantaran beberapa di antaranya berakar dari istilah kedaerahan dan unsur-unsur kearifan lokal lainnya.

Julukan Timnas Indonesia

Di level timnas, Indonesia - salah satu kontestan Piala AFF 2022, akrab dan sering disebut skuad/tim Garuda, yang berakar dari lambang negara yang sangat dihormati oleh setiap warga negara.

Selain itu, Timnas Indonesia juga dijuluki skuad/tim Merah-Putih yang terinspirasi dari warna bendera kebangsaan RI.

Merah melambangkan keberanian, putih melambangkan kesucian. Dua warna ini dari sisi sejarah juga punya nilai historis yang tinggi lantaran diperoleh lewat perjuangan rakyat dan para pahlawan bangsa.

Julukan Para Peserta Piala AFF 2022 Selain Timnas Indonesia

Seperti diketahui, para tim peserta Piala AFF 2022 masih terus mematangkan persiapan mereka jelang turnamen sepak bola dua level Asia Tenggara tersebut.

Mari mengenal lebih dekat tim-tim seperti Thailand, Filipina, Malaysia, dan yang lainnya dan ada kisah apa di balik julukan tim sepak bola mereka?