In-depth

On This Day: 16 Desember 1899, Lahirnya Raksasa Italia dan Eropa, AC Milan

Jumat, 16 Desember 2022 16:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© acmilan
Para pendukung garis keras AC Milan, Curva Sud, membawa bendera Herbert Kilpin di dekat casa Milan. Kilpin adalah orang Inggris yang membentuk AC Milan pada 16 Desember 1899. Copyright: © acmilan
Para pendukung garis keras AC Milan, Curva Sud, membawa bendera Herbert Kilpin di dekat casa Milan. Kilpin adalah orang Inggris yang membentuk AC Milan pada 16 Desember 1899.

INDOSPORT.COM - Hari ini, 16 Desember, tepat 123 tahun yang lalu, telah lahir klub sepak bola yang menjelma jadi raksasa Italia dan Eropa, tak lain adalah AC Milan.

AC Milan atau Associazione Calcio Milan dibentuk pada 16 Desember 1899. Meskipun lahir di Italia, tim ini dibentuk oleh dua orang Inggris, Herbert Kilpin dan Alfred Edwards.

Sejarah AC Milan cukup unik. Dibesarkan sebagai anak tukang daging, Herbert Kilpin remaja memutuskan untuk merantau dan bekerja di industri tekstil di Milan, Italia.

Untuk mengingat rumahnya di Nottingham, Herbert Kilpin bersama lima rekannya asal Inggris membentuk tim sepak bola, usai minum-minum di sebuah kedai di Milan.

Selain menjadi pemain, Kilpin juga menjadi pelatih sekaligus kaptennya. Ia juga yang merancang jersey Merah-Hitam AC Milan.

Skuad awal AC Milan ada Penvhyn Neville, Formenti, Cignaghi, Torretta, Kurt Lies, Valerio, Edward Dobbie, David Alison, Guerriero Colombo, Catullo Gadda, Hans Suter, Ettore Negretti, Hoberlin Hoode, Samuel Davies, Luis Wagner, dan David Allison.

Albert Kiplin memimpin sebagai manajer, kemudian meraih gelar liga Italia pertama mereka pada tahun 1901. Kesuksesan tim berlanjut saat juara di tahun 1906 dan 1907.

Namun, satu dekade sejak kelahirannya, klub ini mengalami konflik di tahun 1908. Beberapa pemain membentuk klub yang kini menjadi saingan terberat, Inter Milan.

Klub sempat berganti nama jadi Milan FC pada tahun 1919. Namanya berubah lagi menjadi Milan Associazione Sportiva dan akhirnya menjadi Associazione Calcio Milan.

Nama itu bertahan sejak tahun 1938 sampai sekarang. Pola garis merah-hitam di jersey juga tetap tidak berubah hingga saat ini.