In-depth

Rapor Bulutangkis Indonesia di 2022: Raup 16 Gelar Juara, Fajar/Rian Terbanyak

Jumat, 16 Desember 2022 18:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PBSI
Prestasi Indonesia di sepanjang BWF World Tour 2022 cukup bagus. Merah Putih meraup 16 gelar juara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto raih gelar terbanyak. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Prestasi Indonesia di sepanjang BWF World Tour 2022 cukup bagus. Merah Putih meraup 16 gelar juara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto raih gelar terbanyak. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Prestasi Indonesia di sepanjang BWF World Tour 2022 terbilang cukup bagus. Merah Putih meraup 16 gelar juara, dengan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih gelar terbanyak musim ini.

Dengan berakhirnya BWF World Tour Finals 2022 pekan lalu, maka usai sudah seluruh rangkaian turnamen bulutangkis BWF World Tour musim ini.

BWF World Tour 2022 mempertandingkan 20 turnamen yang terbagi dalam lima level. Ditambah level Super 100, maka jumlah turnamen musim ini menjadi 25.

Secara total, Indonesia berhasil mengumpulkan 13 gelar juara, unggul tiga gelar dari Jepang dan Korea Selatan yang masing-masing meraup 10 gelar juara World Tour Super 300 sampai Super 1000.

Namun, raihan Indonesia ini masih kalah jauh dari China yang berhasil memborong 28 gelar dalam kategori yang sama.Ini belum ditambah 3 gelar yang diraih di level Super 100.

Ada pun Indonesia, jika ditambah dengan raihan gelar di level Super 100 total trofi kemenangan  menjadi 16 gelar juara.

Di jajaran pemain Indonesia, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memiliki prestasi paling mentereng.

Pasangan Fajar/Rian mampu lolos ke delapan partai final BWF World Tour2022 dengan memenangkan empat gelar juara.

Dengan keempat gelar juara ini, Fajar/Rian membuktikan bahwa mereka layak perhitungkan sebagai ganda putra menjanjikan untuk musim 2023 mendatang.

Agar lebih terperinci, INDOSPORT memaparkan deretan gelar juara yang diraih Fajar/Rian dan juga beberapa kejutan yang diraih pemain Indonesia lainnya: