Piala Dunia 2022

Rekam Jejak Prancis, Finalis Piala Dunia 2022: Ambisi Sang Juara Bertahan!

Jumat, 16 Desember 2022 09:42 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Matthew Childs
Selebrasi para pemain Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Matthew Childs). Copyright: © REUTERS/Matthew Childs
Selebrasi para pemain Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Matthew Childs).

INDOSPORT.COM – Timnas Prancis akan melawan Argentina di Final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Lusail.

Sebelum melihat sengitnya pertandingan dari kedua tim, mari kita flashback sejenak perjalanan dari sang juara bertahan, Timnas Prancis selama berjibaku di Piala Dunia 2022 Qatar sebelum menghadapi Argentina.

Kiprah dari Kylian Mbappe dkk di kompetisi sepak bola paling bergengsi di planet bumi terbilang konsisten, meski sempat menelan kekalahan.

Kekalahan yang didapat oleh Les Bleus di fase grup itu pun juga tak berpengaruh apa-apa, lantaran mereka telah dipastikan menjadi tim pertama yang lolos ke babak penyisihan.

Setelah bermain di Babak Penyisihan Piala Dunia 2022, Prancis selalu tampil dominan dan meraih kemenangan demi kemenangan tanpa harus melalui drama adu penalti.

Fase Grup D Piala Dunia 2022

© REUTERS/Matthew Childs
Selebrasi pemain Prancis Olivier Giroud merayakan gol kedua dengan Ousmane Dembele di pertandingan Grup D Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs) Copyright: REUTERS/Matthew ChildsSelebrasi pemain Prancis Olivier Giroud merayakan gol kedua dengan Ousmane Dembele di pertandingan Grup D Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Bermain di Grup D Piala Dunia 2022, Prancis tergabung dengan Australia, Denmark, dan Tunisia.

Dalam grup ini, jelas Prancis diunggulkan dan diyakini bakal meraih kemenangan penuh, meski pada akhirnya sempat menelan kekalahan.

Kala itu, Prancis kalah dari Tunisia dengan skor tipis 0-1 dalam pertandingan terakhir Grup D Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, tim besutan Didier Deschamps ini juga telah memenangkan dua pertandingan di Grup D, yakni saat melibas Australia 4-1 dan menang tipis atas Denmark 2-1.

Jauh sebelum bermain di Piala Dunia 2022, Prancis yang menyandang status juara bertahan juga diragukan tak bisa lagi mempertahankan gelar juaranya.

Pertama, kutukan Piala Dunia seakan selalu datang ke juara bertahan, di mana mereka tak pernah lolos fase grup di Piala Dunia selanjutnya.

Tak hanya itu, kondisi itu juga diperkuat dengan banyaknya pilar penting Les Bleus yang cedera, seperti N’Golo Kante, Paul Pogba, Christopher Nkunku, Presnel Kimpembe, hingga yang terakhir Karim Benzema.

Namun tak disangka, Prancis justru terus melaju dengan skuat yang mereka miliki, bahkan punya peluang yang sama dengan Argentina untuk bisa menjadi juara Piala Dunia 2022.