Piala Dunia 2022

Sebelum Jadi Wasit Final Piala Dunia, Szymon Marciniak Pernah Bikin Egy Maulana Vikri Gigit Jari

Jumat, 16 Desember 2022 18:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© REUTERS/Lee Smith
Siapa yang menyangka bahwa Egy Maulana Vikri ternyata pernah dipimpin oleh Szymon Marciniak, yang jadi wasit di final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis. Copyright: © REUTERS/Lee Smith
Siapa yang menyangka bahwa Egy Maulana Vikri ternyata pernah dipimpin oleh Szymon Marciniak, yang jadi wasit di final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis.

INDOSPORT.COM – Siapa yang menyangka bahwa Egy Maulana Vikri ternyata pernah dipimpin oleh Szymon Marciniak, yang juga menjadi wasit di final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis.

Szymon Marciniak sendiri resmi dipilih oleh FIFA untuk menjadi wasit di final Piala Dunia 2022, antara Argentina vs Prancis pada Minggu (18/12/22) di Stadion Lusail, Qatar.

Melansir dari Daily Mail, dipilihnya wasit kepala plontos itu karena FIFA menganggap Marciniak dianggap memiliki catatan yang apik selama di Piala Dunia 2022.

Marciniak sempat memimpin pertandingan penyisihan grup antara Prancis dan Denmark (26 November), serta pertandingan babak 16 besar antara Argentina dan Australia (3 Desember).

Szymon Marciniak memulai kariernya sebagai wasit di liga papan atas Polandia pada 2009, dan menjadi wasit ofisial FIFA pada 2013.

Sebelum ditunjuk menjadi wasit final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis, Szymon Marciniak ternyata pernah memimpin laga yang dimainkan Egy Maulana Vikri semasa masih membela Lechia Gdansk di Polandia.

Momen tersebut terjadi saat pertandingan antara Lechia Gdansk vs Pogon Szczecin pada 19 Oktober 2020 di laga lanjutan Liga Polandia atau Ekstraklasa.

Melansir dari Transfermarkt, saat itu Egy Maulana Vikri tampil sebagai pemain pengganti selama 28 menit, usai diturunkan dari bangku cadangan di babak kedua.

Namun di bawah kepemimpinan Marciniak, pemain Indonesia tersebut terpaksa gigit jari karena tak bisa membawa timnya Lechia Gdansk menang, lantaran kalah 0-1 dari Pogon Szczecin.

Setelah menjadi pemimpin di Liga Polandia, tempat di mana Egy Maulana Vikri sempat bermain, kini Szymon Marciniak bakal menjadi wasit di final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis pada Minggu (18/12/22) mulai pukul 22:00 WIB.

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.