Piala Dunia 2022

Argentina vs Prancis: Adu Tajam Lionel Messi vs Kylian Mbappe di Puncak Top Skor

Kamis, 15 Desember 2022 16:16 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Argentina vs Prancis: Adu tajam Lionel Messi vs Kylian Mbappe di puncak top skor. Copyright: © Grafis: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Argentina vs Prancis: Adu tajam Lionel Messi vs Kylian Mbappe di puncak top skor.

INDOSPORT.COM – Duel adu tajam antara Lionel Messi dan Kylian Mbappe akan tersaji di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis. Siapa yang akan keluar jadi top skor?

Babak puncak atau final Piala Dunia 2022 telah menemukan dua negara yang akan saling bertarung untuk memperebutkan trofi Jules Rimet.

Kedua negara itu adalah Argentina dan Prancis. Keduanya berhasil menembus  final usai menang atas lawan-lawannya di semifinal.

Argentina berhasil melaju ke final setelah mengalahkan finalis edisi sebelumnya, Kroasia, dengan skor 3-0, Rabu (14/12/22).

Sedangkan Prancis kembali lagi ke final setelah mengubur mimpi tim kejutan Maroko di semifinal dengan skor 2-0, Kamis (15/12/22) dini hari WIB.

Lolosnya dua negara ini pun akan membuat partai puncak Piala Dunia 2022 akan berlangsung panas. Apalagi baik Argentina dan Prancis punya catatan mentereng sejak fase grup.

Sejak fase grup, Argentina hanya sekali kalah dan mampu meraih lima kemenangan beruntun, baik lewat 90 menit laga maupun adu penalti.

Sama dengan calon lawannya itu, Prancis juga baru sekali menelan kekalahan, yakni di babak grup saja, dan berhasil mengantongi lima kemenangan menuju final.

Selain duel panas antar negara penuh bintang ini, duel Argentina vs Prancis juga akan mempertemukan dua calon top skor Piala Dunia 2022, yakni Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

Di final nanti, Lionel Messi dan Kylian Mbappe akan bersaing memperebutkan Golden Boot atau sepatu emas di Piala Dunia 2022. Siapakah yang akan jadi pemain tertajam di partai puncak?

Mbappe Sedikit Unggul atas Messi?

Di Piala Dunia 2022, baik Messi dan Mbappe sama-sama telah mengantongi lima gol dari enam pertandingan yang dimainkan keduanya.

Torehan lima gol ini membuat dua rekan setim di Paris Saint-Germain itu menjadi pemuncak daftar top skor di event empat tahunan ini.

Meski punya jumlah gol sama, nyatanya Mbappe sedikit lebih unggul ketimbang Messi. Sebab, pemain berpaspor Prancis itu mencetak lima golnya dari situasi Open Play.

Lima gol Mbappe dicetak masing-masing ke gawang Australia dengan satu gol, Denmark dengan dua gol, dan Polandia dengan dua gol.

Dari semua gol di Piala Dunia 2022 tersebut, pemain berusia 23 tahun ini sama sekali tak mencetak gol melalui titik putih alias penalti.

© REUTERS/Dylan Martinez
Selebrasi Theo Hernandez saat unggulkan Prancis atas Maroko di babak pertama dalam laga Semifinal Piala Dunia 2022 Foto: REUTERS/Dylan Martinez). Copyright: REUTERS/Dylan MartinezSelebrasi Theo Hernandez saat unggulkan Prancis atas Maroko di babak pertama dalam laga Semifinal Piala Dunia 2022 Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

Hal ini berbeda dengan Messi yang di mana, dua dari lima golnya di Piala Dunia 2022 ini berangkat dari titik putih, yakni kala menghadapi Arab Saudi dan Belanda.

Peluang keduanya untuk jadi top skor pun sejatinya terbuka lebar. Sebab, baik Messi dan Mbappe sama-sama menjadi pemain dengan jumlah tembakan tepat sasaran terbanyak di Piala Dunia 2022 dengan 10 tembakan ke gawang.

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022