Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko: Al Bayt Membiru!

Kamis, 15 Desember 2022 03:55 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022 Copyright: © Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM - Pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Maroko di Stadion Lusail berhasil dimenangkan oleh Prancis dengan skor 2-0.

Hampir di sepanjang laga, Maroko secara tak terduga mampu mendominasi jalannya pertandigan dengan baik. Sayangnya, berbagai usaha yang dilakukan oleh tim nasional berjuluk Singa Atlas itu tak ada yang membuahkan hasil menjadi gol.

Sebaliknya, Mereka justru tertinggal lebih dulu melalui gol cepat Theo Hernandez di menit keempat. Keunggulan Prancis atas Maroko ini nyatanya tak menurunkan tempo permainan dari Singa Atlas.

Les Bleus malah harus menjaga lini pertahanan mereka dengan baik karena mendapat serangan bertubi-tubi dari Maroko.

Menariknya, Prancis yang bermain lebih tenang seakan sengaja membiarkan para pemain Maroko masuk ke lini pertahanan mereka, sehingga jika melakukan serangan balik, tim besutan Didier Deschamps ini mampu memberikan ancaman secara langsung.

Di babak kedua, baik Maroko maupun Prancis sama-sama menyajikan permainan menyerang sehingga jalannya pertandingan menjadi menarik.

Menjelang 10 menit berakhirnya pertandingan, Prancis menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Randal Kolo Muani yang memanfaatkan bola rebound hasil tembakan dari Kylian Mbappe.

Gol dari Muani ini sekaligus menjadi gol penutup karena hingga berakhirnya laga, skor 2-0 untuk keunggulan Prancis atas Maroko tak berubah. Prancis pun melaju ke final Piala Dunia 2022 melawan Argentina yang digelar hari Minggu (18/12/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Lusail.

Sementara Maroko bakal menghadapi Kroasia untuk memperebutkan juara ketiga di Piala Dunia 2022 yang digelar hari Sabtu (17/12/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Internasional Khalifa.

Babak Pertama

Timnas Prancis tak mau menunggu waktu lama untuk mendapatkan gol pembuka saat melawan Maroko.

Mereka secara mengejutkan mampu unggul lebih dulu saat pertandingan baru memasuki menit kelima lewat gol Theo Hernandez yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Maroko.

Unggul 1-0 tak membuat Les Bleus bisa langsung mengendalikan permainan. Usai unggul, mereka justru dipaksa bermain bertahan karena para pemain Maroko secara tak terduga mampu menggencarkan serangan dari kedua sisi lapangan.

© REUTERS/Dylan Martinez
Selebrasi Theo Hernandez saat unggulkan Prancis atas Maroko di babak pertama dalam laga Semifinal Piala Dunia 2022 Foto: REUTERS/Dylan Martinez). Copyright: REUTERS/Dylan MartinezSelebrasi Theo Hernandez saat unggulkan Prancis atas Maroko di babak pertama dalam laga Semifinal Piala Dunia 2022 Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

Beruntung lini pertahanan Prancis sigap, sehingga usaha penyerangan yang dilakukan Singa Atlas ak membuahkan hasil.

Di menit ke-21, Maroko harus kehilangan kapten mereka, Romain Saiss yang cedera hamstringnya kembali kambuh. Ia pun ditarik keluar dan digantikan oleh Selim Amallah.

Sebelumnya, Saiss memang diragukan tampil, namun menjelang dimulainya pertandingan, ia dinyatakan bisa bermain. Sayangnya, karena terlalu dipaksakan Saiss tak mampu melanjutkan pertandingan.

Prancis juga beberapa kali mendapat kesempatan melakukan serangan balik. Melalui dua penyerang tangguh mereka, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe, Les Bleus beberapa kali mengancam gawang Singa Atlas.

© REUTERS/Hannah Mckay
Para pemain Maroko mencoba menutup ruang tembak dari striker Prancis, Kylian Mbappe dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay). Copyright: REUTERS/Hannah MckayPara pemain Maroko mencoba menutup ruang tembak dari striker Prancis, Kylian Mbappe dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Menjelang turun minum, Maroko tak menurunkan tempo permainan mereka. Bahkan, Maroko nyaris menyamakan kedudukan andai tendangan salto Jawad El Yamiq tidak mengenai tiang gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Usai turun minum, kedua tim langsung menyuguhkan pertandingan yang sengit dan menarik. Di awali dari Prancis yang menggempurkan serangan melalui Kylian Mbappe, lalu dibalas oleh serangan balik Maroko yang dibangun oleh Hakim Ziyech yang membuat lini pertahanan Timnas Prancis pun harus bekerja keras.

Hampir 15 menit pertama di babak kedua ini berjalan dengan tensi yang menegangkan, di mana Prancis dan Maroko sama-sama tampil ngotot untuk mendapatkan gol.

Di pertengahan laga, Maroko kembali mengendalikan permainan. Tercatat saat memasuki menit ke-70, Maroko menguasai bola sebesar 70% atas Prancis.

Menariknya, meski unggul dalam penguasaan bola, Singa Atlas jarang mengancam lini pertahanan Prancis. Sebaliknya, Les Bleus lah yang beberapa kali memberikan ancaman melalui serangan balik.

Memasuki menit ke-80, Prancis berhasil memperlebar kedudukan menjadi 2-0 lewat gol Randal Kolo Muani yang memanfaatkan bola liar hasil tembakan dari Mbappe.

Skor 2-0 ini pun bertahan hingga berakhirnya pertandingan dan Prancis melaju ke final Piala Dunia 2022 melawan Argentina.

SUSUNAN PEMAIN PRANCIS VS MAROKO:

Prancis (4-2-3-1)

Hugo Lloris (c); Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud

Cadangan: Steven Mandanda, Alphonse Areola, Benjamin Pavard, Axel Disasi, William Saliba, Dayot Upamecano, Matteo Guendouzi, Jordan Veretout, Eduardo Camavinga, Randal Kolo Muani, Marcus Thuram

Pelatih: Didier Deschamps

Maroko (5-4-1)

Yassine Bounou; Noussair Mazraoui, Romain Saiss (C), Nayef Aguerd, Jawad El Yamiq, Achraf Hakimi; Sofiane Boufal, Sofyan Amrabat, Azzredine Ounahi, Hakim Ziyech; Youssef En-Nesyri

Cadangan: Munir, Ahmed Reda Tagnaouti, Achraf Dari, Badr Benoun, Anass Zaraoury, Ilias Chair, Zakaria Aboukhlal, Selim Amallah, Bilal El Khannouss, Yahya Jabrane, Abderazak Hamdallah, Abdelhamid Sabiri, Abdessamad Ezzalzouli

Pelatih: Walid Regrarui

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.