Piala Dunia 2022

Meski Hanya Perebutan Juara Tiga Piala Dunia 2022, Kroasia Tetap Tampil Maksimal

Sabtu, 17 Desember 2022 05:13 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Hannah Mckay
Luapan kegembiraan Timnas Kroasia usai kalahkan Brasil di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay) Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Luapan kegembiraan Timnas Kroasia usai kalahkan Brasil di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM – Timnas Kroasia tidak mau meremehkan pertandingan Perebutan Juara Tiga Piala Dunia 2022 melawan Maroko, Sabtu (17/12/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Internasional Khalifa.

Perjalanan tim nasional berjuluk Vatreni ini harus terhenti di semifinal usai mereka takluk dari Argentina dengan skor 0-3.

Padahal, tim besutan Zlatko Dalic ini merupakan salah satu tim yang belum terkalahkan sejak fase grup.

Timnas Kroasia tergabung di Grup F Piala Dunia 2022 dengan Maroko, Belgia, dan Kanada. Termasuk salah satu tim yang diunggulkan lolos ke babak penyisihan, Vatreni menempati posisi runner up di klasemen akhir.

Kroasia pertama kali bermain di Grup F Piala Dunia 2022 melawan Maroko yang berakhir imbang dengan skor 0-0, kemudian di pertandingan kedua mereka tampil impresif dengan melibas Kanada dengan skor 4-1, dan terakhir bermain imbang melawan Belgia 0-0.

Belgia yang diunggulkan justru tampil melempem dan gagal lolos ke babak penyisihan setelah mereka harus puas menempati urutan ketiga dengan raihan empat poin, sementara Kanada menjadi juru kunci karena tiga kali menelan kekalahan.

Di luar dugaan, Maroko mampu meyegel posisi puncak klasemen akhir Grup F Piala Dunia 2022 dengan raihan tujuh poin, disusul oleh Kroasia yang menyimpan lima poin.

Pada babak penyisihan putaran pertama di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Kroasia mendapat perlawanan sengit dari tim kuat asal Asia, Jepang.

Mereka bahkan dipaksa mendapatkan kemenangan melalui drama adu penalti dengan skor 3-1 setelah bermain imbang dengan skor 1-1 di waktu normal.

Di babak Perempatfinal, Kroasia berhasil mengalahkan tim kandidat juara, Brasil lewat adu penalti lagi dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Saat bermain di semifinal, meski tampil dominasi sepanjang laga, Timnas Kroasia pada akhirnya dipaksa menyerah dengan skor 0-3.

Kini, tim besutan Zlatko Dalic pun bakal memperebutkan juara tiga Piala Dunia 2022 melawan Maroko yang juga kalah di semifinal lainnya melawan Prancis.