In-depth

3 Negara dengan Skuad Termurah di Piala AFF 2022: Ada yang Lama Tak Tampil

Senin, 19 Desember 2022 20:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Para kontestan Piala AFF 2022 memiliki nilai skuad yang beragam jelang bentrok di kompetisi sepak bola Asia Tenggara ini esok hari, Selasa (20/12/22). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Para kontestan Piala AFF 2022 memiliki nilai skuad yang beragam jelang bentrok di kompetisi sepak bola Asia Tenggara ini esok hari, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Para kontestan Piala AFF 2022 memiliki nilai skuad yang beragam jelang bentrok di kompetisi sepak bola Asia Tenggara ini mulai esok hari, Selasa (20/12/22).

Ya, perhelatan Piala AFF 2022 memang sudah di depan mata. Sebanyak sepuluh tim yang telah dibagi menjadi dua grup masih terus mematangkan persiapan hingga kick-off laga perdana mereka dimulai.

Di edisi kali ini, ada cukup banyak tim yang mengusung misi besar jadi juara dengan latar belakang yang berbeda.

Timnas Indonesia ingin memperbaiki hasil setelah di edisi lalu menuntaskan perjuangan dengan status runner-up.

Thailand akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan gelar, Vietnam ingin memberi perpisahan manis bagi Park Hang-seo, dan Brunei akan menjajal comeback setelah absen lama dari turnamen.

Untuk mewujudkan berbagai misi dan cita-cita itu, tentunya dibutuhkan materi pemain dan skuad yang mumpuni.

Namun tidak semua timnas peserta Piala AFF 2022 ‘kaya raya’ atau berisikan pemain-pemain bernilai tinggi.

Berdasarkan data Transfermarkt, Timnas Indonesia berada di daftar teratas skuad termahal di Piala AFF 2022.

Skuad Garuda diklaim memiliki pemain-pemain dengan harga pasar tertinggi, yang menyentuh angka 9,3 juta euro atau sekitar Rp151,4 miliar.

Menyusul di bawahnya, ada Vietnam di angka 7,45 juta euro atau kurang lebih Rp123 miliar; dilanjut Thailand dengan 6,15 juta euro alias Rp101,6 miliar.