In-depth

Emiliano Martinez, Bekas ‘Boneka’ Arsenal yang Sukses Jadi Raja Penalti Argentina

Senin, 19 Desember 2022 09:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS-Paul Childs
Keberhasilan Emiliano Martinez mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 membuatnya resmi jadi kiper yang jago dalam adu penalti. Inilah beberapa buktinya. REUTERS-Paul Childs Copyright: © REUTERS-Paul Childs
Keberhasilan Emiliano Martinez mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 membuatnya resmi jadi kiper yang jago dalam adu penalti. Inilah beberapa buktinya. REUTERS-Paul Childs

INDOSPORT.COM – Keberhasilan Emiliano Martinez mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 membuatnya resmi jadi kiper yang jago dalam adu penalti. Inilah beberapa buktinya.

Di Lusail Stadium, Minggu (18/12/22) malam WIB, berlangsung laga yang amat seru antara Argentina vs Prancis untuk memperebutkan trofi Piala Dunia 2022.

Tim Tango mampu unggul lebih dulu lewat penalti Lionel Messi di menit ke-23 yang disusul oleh lesakan Angel Di Maria menit ke-37.

Pertarungan semakin memanas di babak kedua. Prancis yang tak berkutik di babak sebelumnya membalikkan momentum di sepuluh menit terakhir waktu normal.

Kylian Mbappe keluar sebagai pahlawan berkat dua gol yang satu di antaranya lahir dari titik putih. Hasil imbang 2-2 memaksa final Piala Dunia 2022 berlanjut ke extra time.

Selama durasi 2x15 menit extra tim, La Albiceleste dan Les Bleus mampu menghasilkan satu gol tambahan untuk masing-masing kubu.

Argentina kembali unggul via sontekan jarak dekat Messi namun lagi-lagi Mbappe mampu mengimbanginya membuat laga berlanjut ke adu penalti.

Di babak adu penalti inilah, Emiliano Martinez menunjukkan kualitasnya. Kiper Aston Villa itu mementahkan tendangan penalti dua pemain Prancis dan memastikan Argentina menang 4-2.

Mantan kiper Arsenal ini pun diganjar penghargaan sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2022 alias membawa pulang trofi Golden Gloves.

Terlepas dari penghargaan tersebut, torehan ini juga membuktikan bahwa Emiliano Martinez sangat jago dalam permainan pikiran selama adu penalti.