Bola Internasional

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Sambut Rafael Struick seperti Anak Sendiri

Selasa, 20 Desember 2022 10:29 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Rafael William Struick, pemain keturunan yang tampil membela Timnas Indonesia U-20 vs Slovakia, Sabtu (19/11/22). Copyright: © PSSI
Rafael William Struick, pemain keturunan yang tampil membela Timnas Indonesia U-20 vs Slovakia, Sabtu (19/11/22).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menerima kehadiran calon pemain naturalisasi asal Belanda Rafael Struick. Pertemuan ini berlangsung di Kantor PSSI di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Rafael Struick datang bersama ibunya Noraly Soedito. Menggunakan baju batik lengan pendek, Rafael Struick bersama Ibunya diterima dengan hangat dan penuh kekeluargaan oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Pertemuan ini juga turut dihadiri oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri serta utusan PSSI terkait penjaringan pemain keturunan Hamdan Hamedan.

Mochamad Iriawan menegaskan jika dirinya akan perlakukan seperti anaknya sendiri di Indonesia, seperti pemain-pemain lainnya yang sudah datang, sehingga melalui pernyataan itu pun memberikan kenyamanan bagi keluarga Rafael yang tinggal di Belanda.

"Memang di sini penuh dengan kekeluargaan dan itu yang saya lakukan kepada para pemain Timnas lainnya, baik yang WNI maupun yang keturunan setelah melalui proses naturalisasi. Baik kepada para pemain maupun kepada keluarganya, menjadi satu dalam keluarga besar Indonesia," ucap Ketum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule itu.

"Saya selaku Ketua Umum PSSI berkewajiban melayani semua, baik kompetisi maupun para pemain Timnas termasuk kepada pemain naturalisasi. Saya akan melindungi semua pemain-pemain yang sudah saya anggap sebagai anak saya sendiri termasuk anda," tambah Iwan Bule.

Sebelumnya, pemain berusia 19 tahun itu mencuri hati pelatih Shin Tae-yong melalui golnya untuk Tim Indonesia U-20, saat melakoni uji tanding dalam rangkaian Training Camp di Spanyol beberapa waktu lalu.

Lantaran kemampuannya yang tak perlu diragukan lagi itu maka pelatih asal Korea Selatan itu meminta kepada PSSI untuk menaturalisasi pemain muda ADO Den Haag itu.

Sehingga dokumen administrasi untuk proses naturalisasi yang akan dijalaninya tengah diurus dan diserahkan ke Kemenkumham untuk ditindaklanjuti, segera dijadikan satu paket dengan dokumen Justin Hubner dan Ivar Jenner, mengingat turnamen Piala Dunia U-20 tinggal beberapa bulan lagi.

"Jika anda sudah bergabung, saya harap betul-betul bisa memberikan yang terbaik kepada Timnas kita yang nanti akan main di Piala Dunia U20 tahun 2023."

"Anda dipilih oleh pelatih saya tentunya dengan kelebihan-kelebihan yang ada pada diri anda. Publik nanti akan melihat penampilan anda yang akan melengkapi tim Indonesia U20, sesuai permintaan dari pelatih saya," ucap Iwan Bule.