Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2022: Laos, Kuda Hitam yang Pede Cetak Rekor di Grup Neraka

Selasa, 20 Desember 2022 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© lff_official/INDOSPORT
Timnas Laos diperkuat 28 pemain untuk Piala AFF 2022. Copyright: © lff_official/INDOSPORT
Timnas Laos diperkuat 28 pemain untuk Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Salah satu kontestan Piala AFF 2022, Laos, sangat percaya diri bisa mencetak rekor di pentas sepak bola Asia Tenggara, dan lolos dari grup neraka.

Diketahui, Laos tergabung di Grup B Piala AFF 2022, bersama Malaysia, Singapura, Myanmar, dan kandidat kuat juara, yaitu Vietnam.

Laos akan menghadapi laga perdana kontra Vietnam di hadapan pendukung sendiri, di New Laos National Stadium, Rabu (21/12/22).

Faktanya, Laos tidak pernah lolos dari fase grup, sejak mengikuti Piala AFF 1996 hingga terakhir kali berpartisipasi di tahun 2020.

Kilas balik ke Piala AFF 2020, Laos kalah dalam empat laga penyisihan grup, mereka dibuat tak berkutik oleh tim Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

Laos hanya bisa melesakkan satu gol ke gawang timnas Indonesia, satu-satunya gol dibukukan oleh sosok Kydavone Souvanny. Sementara saat menghadapi tim lain, mereka sama sekali tidak bisa mencetak gol.

Mundur ke tahun sebelumnya, di Piala AFF 2018, Laos juga kalah empat kali melawan Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Kamboja. Laos hanya bisa membukukan empat gol.

Sehingga, tahun ini Laos bertekad untuk tampil lebih baik, mencetak lebih banyak gol dan mungkin saja melenggang ke semifinal.

Tentu tidak mudah bagi tim berjuluk Thim Xad itu untuk mengukir rekor kemenangan di Piala AFF 2022, namun hal itu menjadi lebih mudah dengan hadirnya 'Messi'.

Siapa Messi yang dimaksud oleh Laos? Dan bagaimana kekuatan mereka jelang menghadapi grup neraka Piala AFF 2022? Berikut ulasan INDOSPORT untuk Anda.