Bola Internasional

Statistik Laga Awal Timnas Indonesia di Piala AFF: Baru 2 Kali Kalah, Perkasa Atasi Kamboja

Kamis, 22 Desember 2022 14:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Kapten Indonesia Fachrudin Aryanto pada sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Kapten Indonesia Fachrudin Aryanto pada sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22).

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia baru dua kali menelan kekalahan namun skuad Shin Tae-yong pernah perkasa atas Kamboja di laga pembuka Piala AFF sejak 1996.

Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja sebagai laga pembuka Piala AFF 2022. Laga ini akan digelar hari Jumat (23/12/22) pukul 16.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Berbeda dengan Timnas Indonesia, Kamboja sudah lebih dulu membuka turnamen ini dengan menghadapi Filipina di pertandingan yang berlangsung Selasa kemarin.

Bermain di kandang sendiri di MorodokTecho National Stadium, tim besutan Ryu Hirose ini secara mengejutkan menumpas perlawanan Filipina dengan kemenangan 3-2.

Ini merupakan pertemuan ke-18 Timnas Indonesia melawan Kamboja di semua kompetisi, dan pertemuan keenam di sepanjang sejarah turnamen Piala AFF 2022.

Semua pertandingan di Piala AFF tersebut berhasil disapu bersih oleh Tim Merah Putih dengan kemenangan. Bahkan, Timnas Indonesia pernah mengalahkan Kamboja dengan skor telak 8-0 pada edisi 2004.

Kamboja, berbekal kemenangan atas Filipina, tentunya bertekad bisa pecah telur alias memetik kemenangan perdana melawam Timnas Indonesia di pertemuan nanti.

Sebaliknya, Timnas Indonesia bertekad memperpanjang rapor apik mereka saat mengawali kampanye Piala AFF dengan kemenangan, seperti beberapa edisi sebelumnya.

Menilik sejarah, Timnas Indonesia selalu tampil superior di laga pembuka di Piala AFF sejak turnamen ini digelar pada 1996 dan masih dibertajuk Piala Tiger.

Untuk mengetahui lebih mendalam, berikut INDOSPORT.com memaparkan catatan Timnas Indonesia di laga pembuka Piala AFF sepanjang sejarah.