Liga Indonesia

Timnas Indonesia Dijagokan atas Kamboja, Shin Tae-yong Beri Peringatan Tegas ke Pemain

Kamis, 22 Desember 2022 18:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pada sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pada sesi jumpa pers jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Media Center Stadion GBK, Kamis (22/12/22).

INDOSPORT.COM - Timmas Indonesia akan menghadapi Kamboja di laga perdana Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/22) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Pelatih Shin Tae-yong ingatkan agar tidak remehkan lawan.

Dari 17 kali pertemuan dengan Kamboja di berbagai ajang internasional, Indonesia sangat superior. Skuad Garuda catatkan 16 kemenangan dan hanya sekali imbang.

Satu-satunya imbang terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 1998 Zona Asia, di mana mereka main imbang 1-1. Sementara pada pada laga terakhir kedua tim, Indonesia menang 4-2 di Piala AFF 2020 yang digelar 2021 lalu.

Meski demikian, Shin Tae-yong peringati anak asuhnya agar tetap waspada. Pasalnya, dalam sepak bola semua hal bisa terjadi. Apalagi, Kamboja dalam situasi terbaik setelah menangi laga perdana Grup A. Kamboja kalahkan Filipina dengan skor 3-2 pada dua hari lalu.

Untuk itu, Shin Tae-yong meminta anak asuhnya tampil maksimal demi memenangi laga pembuka. "Saya juga tegaskan bola itu bundar, saya tidak bisa bilang bisa dapat kemenangan dengan mudah atau tidak. Memang tergantung situasi juga bisa berubah-berubah," kata Shin Tae-yong.

"Pertandingan ini harus mendapatkan kemenangan, sampai bertanding pun performa para pemain makin baik. Tidak boleh meremehkan atau anggap mudah Kamboja. Kami harus fokus, saya percaya pertandingan besok bisa dapat hasil yang baik," lanjutnya.

Kemenangan atas Filipina membuat Kamboja ada di posisi kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan koleksi tiga poin. Hal itu dinilai memotivasi lawan untuk incar kemenangan kedua saat meladeni Indonesia. "Saat ini Kamboja kondisinya sangat baik karena saat bermain di kandang lawan Filipina sudah mendapatkan kemenangan, performanya juga baik. Sedangkan kita beberapa bulan tidak bisa bertanding secara resmi," ucap Shin Tae-yong.

Sementara itu, Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto menyatakan sudah siap beraksi. Tiga poin jadi incaran skuad Garuda karena dua pesaing telah lebih dulu raih kemenangan.

"Kami sudah pemusatan latihan satu bulan di Bali kemarin, alhamdulillah semua berjalan lancar dan besok kita siap memberikan yang terbaik," ujar Fachruddin.

"Kita laga kandang, tidak ada alasan apapun kita harus siap 100 persen untuk Indonesia," ujarnya.

Untuk Piala AFF 2022, Shin Tae-yong memanggil 23 pemain. Tiga di antaranya adalah pemain naturalisasi yakni Marc Klok, Ilija Spasojevic dan Jordi Amat.

Selain itu, ada banyak pemain muda potensial yang bermain di liga luar yang dapat kepercayaan seperti Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman hingga Saddil Ramdani.  

Dengan skuad yang tak banyak berubah dari AFF edisi 2020, PSSI optimistis Indonesia akhiri 'kutukan' runner up pada tahun ini. Sebab, tahun lalu skuad Garuda juga melaju ke final walau akhirnya takluk dari Thailand.