In-depth

3 Alasan Timnas Indonesia Bakal Ngos-ngosan Melawan Kamboja di Piala AFF 2022

Jumat, 23 Desember 2022 12:43 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Meski diprediksi bakal menang mudah di laga perdana Piala AFF 2022, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong tetap tidak boleh meremehkan Kamboja.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan ditantang Kamboja di pertandingan perdana Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat (23/12/22) sore WIB.

Sepanjang gelaran Piala AFF, Timnas Indonesia tercatat pernah lima kali bersua Kamboja. Dari pertemuan tersebut, Skuat Garuda senior selalu memenangkan pertandingan.

Bila ditotal dalam lima pertemuan terakhir di Piala AFF, skuat Garuda sukses mencetak 23 gol dan hanya kebobolan sebanyak empat kali saja.

Pada pertemuan pertama di edisi 1996 silam, skuat Garuda era Kurniawan Dwi Yulianto sukses membekuk Kamboja dengan skor telak 3-0.

Kemudian di pertemuan terakhir di Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia berhasil menang atas Kamboja dengan skor 4-2 dalam turnamen yang digelar di Singapura.

Sementara itu, kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Kamboja terjadi di Piala AFF edisi 2004 silam. Saat itu Skuat Garuda sukses pesta delapan gol tanpa balas alias 8-0.

Melihat catatan tersebut, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong diprediksi bisa mengulang momen manis pada gelaran Piala AFF 2022 ini.

Akan tetapi, tim redaksi media olahraga INDOSPORT telah menemukan sejumlah alasan yang membuat Timnas Indonesia justru bisa ngos-ngosan dalam menjinakan Kamboja. Apa saja itu?