Bola Internasional

Shunsuke Nakamura, Pembobol Gawang Edwin Van der Sar hingga Jadi Legenda Asia

Sabtu, 24 Desember 2022 09:41 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Shunsuke Nakamura adalah salah satu legenda sepak bola Asia yang baru saja memutuskan pensiun dari dunia sepak bola. Copyright: © Dok. J-League
Shunsuke Nakamura adalah salah satu legenda sepak bola Asia yang baru saja memutuskan pensiun dari dunia sepak bola.

INDOSPORT.COM - Legenda Timnas Jepang, Shunsuke Nakamura baru saja memutuskan pensiun dari dunia sepak bola. Ia adalah salah satu legenda sepak bola di Asia.

Banyak cerita dalam karier sepak bola Shunsuke Nakamura, mulai dari debut, melanglang Eropa, hingga kemudian jadi legenda Asia.

Nakamura menjalani debut profesionalnya pada 8 Maret 1997 pada laga J.League Cup melawan Verdy Kawasaki atau yang sekarang dikenal dengan nama Tokyo Verdy, bermain 76 menit pada pertandingan tersebut.

Ia menjalani debut di Liga Jepang alias J1 League pada pekan kedua musim itu, tepatnya pada 16 Maret 1997, melawan Gamba Osaka.

Kebintangan Shunsuke Nakamura mulai benar-benar terlihat pada tahun 2000. Dari 32 laga di J1 League, Nakamura mencatat lima gol dan 11 assist, mengantarkan Marinos jadi runner-up J1 League musim itu.

Nakamura juga terpilih menjadi MVP alias Pemain Terbaik J1 League 2000. Selain itu, Nakamura juga menjalani debutnya di timnas Jepang pada tahun tersebut.

Di Timnas Jepang, Nakamura berhasil membawa Jepang meraih gelar Piala Asia 2000 dengan mengalahkan Arab Saudi di final. Nakamura masuk ke dalam Tim Terbaik turnamen.

Nakamura berada di persimpangan karier pada tahun 2002. Saat itu, secara mengejutkan Nakamura tak dibawa ke gelaran Piala Dunia 2002 yang dihelat di Korea Selatan dan Jepang.

Nakamura merasa bahwa ia harus hengkang ke Eropa untuk mengembangkan permainannya. Pertengahan tahun 2002, Nakamura memilih untuk bergabung dengan tim promosi Serie A Liga Italia, Reggina. Ia juga sempat berseragam Celtic dan 2 kali membobol gawang Manchester United lewat tendangan bebas.

Nakamura sempat membawa timnas Jepang kembali juara Piala Asia pada edisi 2004 dengan mengalahkan Cina di partai puncak. Ia bahkan terpilih jadi MVP alias Pemain Terbaik dalam turnamen tersebut.