Bola Internasional

Jebolan Liga Jepang yang Tampil di Piala Dunia, Ada Park Ji-sung dan Diego Forlan

Jumat, 16 Desember 2022 09:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Park Ji-sung (kanan) saat masih bermain untuk klub Kyoto Purple Sanga di Liga Jepang. Copyright: © Dok. J-League
Park Ji-sung (kanan) saat masih bermain untuk klub Kyoto Purple Sanga di Liga Jepang.

INDOSPORT.COM - Sepanjang sejarah Piala Dunia, banyak pemain J.League yang menorehkan tinta emas bersama negaranya.

Sejak Liga Jepang era J.League dimulai pada 1993, para pemain J.League tak pernah absen pada gelaran Piala Dunia mulai dari 1994 sampai 2022.

Bagaimana penampilan mereka? Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini!

Piala Dunia 1994

Pada gelaran Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, J.League diwakili oleh dua pemain yang membela dua negara Amerika Latin.

Ramón Medina Bello yang membela Yokohama Marinos bermain untuk timnas Argentina yang gugur pada babak 16 besar usai tumbang 2-3 dari Rumania.

Sedangkan satu pemain lain adalah Ronaldao (Shimizu S-Pulse) yang berhasil menjadi juara bersama timnas Brasil, mengalahkan Italia di laga puncak lewat drama adu penalti

Piala Dunia 1998

Pada Piala Dunia 1998 di Prancis, J.League mengirimkan total 30 pemain. Dari jumlah tersebut, 22 pemain berlaga untuk timnas Jepang yang lolos ke Piala Dunia, meski terhenti di babak grup.

Selain itu, ada tiga pemain timnas Korea Selatan dan satu pemain timnas Kamerun yang juga tersingkir di fase grup, serta dua pemain FR Yugoslavia yang tersingkir di babak 16 besar kalah 1-2 dari Belanda.

Prestasi terbaik dimiliki duo asal Brasil, Cesar Sampaio (Yokohama Flugels) dan kapten tim Dunga (Jubilo Iwata) yang mengantarkan Negeri Samba ke final, sebelum kalah 0-3 oleh tuan rumah Prancis.

Piala Dunia 2002

Pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang, J.League mengirimkan 25 nama pemain, 19 di antaranya bermain untuk tuan rumah Jepang yang tersingkir oleh Turki pada babak 16 besar.

Satu pemain berasal dari timnas Slovenia yaitu Zeljko Milinovic (JEF United Ichihara) yang tersingkir di babak grup.

Sedangkan lima pemain lain membela timnas Korea Selatan yang membuat sejarah dengan melaju hingga semifinal sebelum dihentikan oleh Jerman dengan skor 0-1.

Kelima pemain itu adalah Yoo Sang-chul (Kashiwa Reysol), Choi Yong-soo (JEF United Ichihara), Yoon Jong-hwan (Cerezo Osaka), Hwang Sun-hong (Kashiwa Reysol), dan Park Ji-sung (Kyoto Purple Sanga).