Bola Internasional

Piala AFF 2022: Sikap Terpuji Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Pantang Remehkan Brunei Darussalam

Minggu, 25 Desember 2022 15:44 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Brunei Darussalam pada laga kedua fase grup A Piala AFF 2022, Senin (26/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Brunei Darussalam pada laga kedua fase grup A Piala AFF 2022, Senin (26/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Shin Tae-yong menaruh respek terhadap Brunei Darussalam sebagai lawan kedua Timnas Indonesia di grup A Piala AFF 2022, Senin (26/12/22).

Brunei Darussalam memang dapat dikatakan menjadi negara yang kerap menjadi lumbung gol peserta Piala AFF lainnya.

Terbukti dari dua laga, Brunei Darussalam sudah kemasukan 10 gol. Dimana mereka takluk 5-0 saat menghadapi Thailand di laga perdana grup A. Dilanjutkan takluk 5-1 saat menghadapi Filipina di Manila.

Meski sudah kemasukan 10 gol, Shin Tae-yong tidak mau memandang remeh Brunei Darussalam. Dia menilai semua tim yang masuk ke fase grup Piala AFF 2022 adalah negara yang kuat.

"Untuk Brunei, tentunya mereka tidak bisa dianggap lemah, walau mereka bisa masuk Piala AFF 2022 juga melalui babak play-off," ucap Shin Tae-yong saat sesi konfrensi Pers jelang laga.

"Dari kita juga pasti akan memberikan yang terbaik saat menghadapi mereka," tambah Shin Tae-yong.

Bentuk respek lainnya yang ditunjukkan oleh Shin Tae-yong adalah, dia tidak ingin menjawab perihal target gol yang akan dicetak Timnas Indonesia di laga nanti.

"Terkait target berapa gol lawan Brunei, itu tidak bisa disebut karena hal itu tidak menghargai lawan. Jadi kami akan tetap fokus sebaik mungkin," tegas pelatih asal Korea Selatan ini.

Sementara itu untuk kondisi pemain Timnas Indonesia sendiri, Shin Tae-yong menilai tidak ada kendala. Meskipun dia mengisyaratkan akan melakukan rotasi di laga besok.

"Seperti apa yang kita ketahui, Piala AFF tahun ini tidak difokuskan di satu tempat. Jadi kami harus pindah dari negara satu ke negara lainnya. Itu pun tiga hari sekali kami harus bertanding. Jadi sangat padat jadwalnya," kata Shin Tae-yong.

"Untuk itu kami harus mempersiapkan fisik dan kondisi yang harus baik. Maka itu, kami juga akan melakukan rotasi pemain," tukas pelatih 52 tahun ini.