In-depth

3 Alasan Timnas Indonesia Wajib Menang Lawan Brunei di Piala AFF 2022

Minggu, 25 Desember 2022 10:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia wajib memenangkan laga melawan Brunei Darussalam Piala AFF 2022. Setidaknya terdapat 3 alasan mengapa hal ini harus terjadi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia wajib memenangkan laga melawan Brunei Darussalam Piala AFF 2022. Setidaknya terdapat 3 alasan mengapa hal ini harus terjadi.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia wajib memenangkan laga melawan Brunei Darussalam Piala AFF 2022. Setidaknya terdapat 3 alasan mengapa hal ini harus terjadi.

Usai melakoni laga perdana kontra Kamboja, Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya di Piala AFF 2022 dengan bertandang ke markas Brunei Darussalam di laga kedua Grup A, Senin (26/12/22).

Pada laga kedua Grup A ini, skuat arahan Shin Tae-yong akan bertanding di Malaysia, tepatnya di Syadion Kuala Lumpur yang dipinjam untuk Brunei sebagai kandang mereka di ajang ini.

Melawan Brunei Darussalam, pasukan Shin Tae-yong berambisi melanjutkan kiprah positif setelah sebelumnya berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1, Jumat (23/12/22).

Kemenangan atas Kamboja ini nyatanya belum berhasil mendongkrak posisi Timnas Indonesia di papan klasemen sementara Grup A.

Timnas Indonesia saat ini masih tertahan di posisi ketiga dengan raihan 3 poin (1 laga), di belakang Filipina (3 poin, 2 laga) dan Thailand (3 poin, 1 laga).

Dengan Brunei Darussalam merupakan tim terlemah di Grup A, maka Timnas Indonesia punya peluang besar untuk meraup tiga poin kedua di laga ini.

Terlepas dari hal tersebut, Timnas Indonesia tetap tidak boleh meremehkan Brunei Darussalam di laga ini karena mereka punya beberapa pemain berbahaya plus jajaran pelatih mumpuni.

INDOSPORT memaparkan tiga alasan berikut ini skuad Shhin Tae-yong harus menang di laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam di ajang Piala AFF 2022 ini:

1. Jaga Kans Lolos Semifinal

Timnas Indonesia mendapatkan kemenangan di pertandingan pertama Piala AFF 2022 melawan Kamboja.

Dengan kemenangan tersebut Timnas Indonesia mendapatkan tiga poin dan membuka peluang untuk lolos ke babak selanjutnya.

Namun posisi Timnas Indonesia bisa dikatakan belum aman. Hal ini terlihat dari posisi mereka yang masih berada di belakang Filipina dan Thailand pada klasemen Grup A sejauh ini.

Filipina dan Thailand akan menjadi dua pertandingan terakhir yang akan dihadapi skuat Garuda, setelah mereka menuntaskan laga kontra Brunei Darussalam.

Oleh karenanya, kemenangan atas Brunei menjadi harga mati untuk memupuk mental dan kepercayaan diri Asnawi Mangkualam dkk jelang menghadapi dua laga berat tersebut.

Kemenangan atas Brunei juga akan menjaga posisi Timnas Indonesia sama kuatnya dengan Filipina dan Thailand di persaingan memperebutkan dua tempat terbaik untuk tiket ke semifinal.