In-depth

Peraih Titel Pemain Terbaik Piala AFF dari Masa ke Masa, Ada Kapten Legendaris Timnas Indonesia

Senin, 26 Desember 2022 11:38 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© KAMARUL AKHIR/AFP/Getty Images
Ada Firman Utina, mari intip daftar bintang peraih penghargaan pemain terbaik sepanjang 13 kali penyelenggaraan Piala AFF yang dulunya bernama Piala Tiger. Copyright: © KAMARUL AKHIR/AFP/Getty Images
Ada Firman Utina, mari intip daftar bintang peraih penghargaan pemain terbaik sepanjang 13 kali penyelenggaraan Piala AFF yang dulunya bernama Piala Tiger.

INDOSPORT.COM –  Ada Firman Utina, mari intip daftar bintang peraih penghargaan pemain terbaik sepanjang 13 kali penyelenggaraan Piala AFF yang dulunya bernama Piala Tiger.

Saat ini, timnas Indonesia bersama negara-negara  sepak bola di Asia Tenggara sedang berjibaku dalam partisipasinya di Piala AFF 2022 yang merupakan edisi penyelenggaraan ke-14.

Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Dari  10 tim yang berpartisipasi terbagi menjadi dua grup, di mana dua negara teratas berhak melaju ke semifinal.

Grup A diisi timnas Indonesia, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sedangkan Grup B diisi  Malaysia, Vietnam, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Hingga Senin (26/12/22), tim-tim yang berlaga sudah dan sedang menjalani matchday kedua. Malaysia sementara memuncaki klasemen Grup B, dan Thailand memuncaki klasemen Grup A.

Kesimpulannya, semua negara memiliki peluang yang sama untuk bisa merebut trofi Piala AFF 2022, termasuk timnas Indonesia yang sekalipun belum pernah menjadi juara ajang ini.

Sembari menerka-nerka siapa yang akan berjaya di Piala AFF 2022, mari menyimak deretan pemain bintang yang pernah masuk daftar pemain terbaik sepak bola Asia Tenggara tersebut.

Dalam hal ini, legenda timnas Indonesia, Firman Utina, membanggakan Tanah Air dengan menjadi salah satu daftar pemain terbaik Piala AFF. Brikut selengkapnya.

1. Piala AFF 1996: Zainal Abidin Hassan (Malaysia)

Membela Malaysia, Zainal Abidin Hassan yang terkenal di era 1980-1990-an dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala AFF pertama yang dulunya bernama Piala Tiger.

Pemain kelahiran 9 November 1961 tersebut memberikan penampilan mengesankan meskipun timnas Malaysia gagal menjadi juara usai takluk dari Thailand dengan skor 0-1 di final.