Bola Internasional

Rapor Penggawa Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF, Lebih Banyak Sisakan Kekecewaan

Senin, 26 Desember 2022 15:05 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Timnas Indonesia sudah mencoba berbagai cara untuk menjuarai Piala AFF. Naturalisasi adalah salah satunya meski hingga kini belum berbuah hasil. Copyright: © Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Timnas Indonesia sudah mencoba berbagai cara untuk menjuarai Piala AFF. Naturalisasi adalah salah satunya meski hingga kini belum berbuah hasil.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sudah mencoba berbagai cara untuk menjuarai Piala AFF. Naturalisasi adalah salah satunya meski hingga kini belum berbuah hasil.

Sejak pertama kali diterapkan untuk menghadapi Piala AFF 2010, sudah ada 35 pemain naturalisasi yang sudah diproduksi PSSI namun bahkan tidak semuanya bisa sempat berlaga dalam kostum Tim Garuda.

Meski selalu membawa optimisme, namun sejauh ini pemberian status WNI pada bintang asing dan keturunan baru bisa menambah tiga titel runner-up Piala AFF bagi timnas Indonesia.

Seolah hanya Singapura yang bisa meraih prestasi dengan bekal pemain naturalisasi di ajang Piala AFF.

The Lions saat ini sudah empat kali menjadi kampiun dengan rekor 100% menang saat memasuki babak final.

Padahal sebenarnya pemain-pemain naturalisasi timnas Indonesia tidaklah buruk secara kualitas di atas kertas. Siapa sajakah mereka dan bagaimana kiprah mereka di Piala AFF? Berikut ulasannya.

1. Cristian Gonzalez

Sebagai pemain naturalisasi pertama timnas Indonesia, Cristian Gonzalez menetapkan standar tinggi bagi para penerusnya di masa depan.

El Loco yang memang merupakan punya reputasi sebagai bomber subur sejak merumput di liga Indonesia pada 2003 silam dapat meneruskan ketajamannya setelah disumpah di bawah bendera merah-putih.

Piala AFF 2010 jadi satu-satunya edisi Piala AFF yang pemain kelahiran Uruguay itu punya kontribusi besar bagi timnas Indonesia meski juga sempat ikut dalam skuat di edisi 2014.

Gonzalez jadi tumpuan Merah-Putih ke final Piala AFF 2010 dengan tiga gol termasuk dua ke gawang Filipina di semifinal. Sayangnya ia justru mandul dalam dua leg kontra Malaysia yang membuat timnas Indonesia harus puas dengan predikat runner-up.