Bola Internasional

4 Alasan Timnas Indonesia Punya Peluang Kalahkan Thailand di Piala AFF 2022

Rabu, 28 Desember 2022 20:54 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© PSSI
Pertandingan antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Football (Malaysia), Senin (26/12/22). (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Football (Malaysia), Senin (26/12/22). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di matchday ke-3 Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda berpotensi menang dengan sejumlah alasan ini yang mendukung.

Duel seru tersaji dilanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Kamis (29/12/22) malam WIB.

Timnas Indonesia dan Thailand saat ini sama-sama memimpin klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin, setelah menang dua pertandingan.

Namun, Timnas Thailand kini lebih berhak menduduki puncak klasemen karena unggul agregat +9 gol, sementara Indonesia +8 gol.

Dengan demikian, siapa pun yang menang dalam laga yang dihelat di GBK nanti, akan menjadi pemuncak klasemen dan hampir pasti meraih tiket ke semifinal Piala AFF.

Para penggawa Garuda harus benar-benar fokus untuk laga ini. Euforia kemenangan atas Brunei mesti diredam. Pasalnya, level Brunei jelas berada jauh di bawah Thailand.

Faktanya, terakhir kali Timnas Indonesia bisa menang atas Thailand yakni pada first leg final Piala AFF 2016, dengan skor 2-1. Gol dari Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Setelahnya, skuat Garuda lebih sering tumbang. Indonesia tercatat mengalami empat kekalahan dan dua imbang kontra Thailand, sejak kemenangan terakhir di tahun 2016.

Pertemuan terakhir, Timnas Indonesia bisa menahan imbang Thailand 2-2 di final Piala AFF 2020 lewat gol Egy Maulana dan Ricky Kambuaya. Namun, kala itu tim bermain di Singapura. 

Kini, meski mengusung misi yang sulit bukan berarti peluang timnas Indonesia untuk memenangkan pertandingan tidak ada.

Sebab ada sejumlah alasan pendukung yang bias membawa timnas Indonesia mengalahkan timnas Thailand di Grup A Piala AFF 2022 nanti. Apa saja itu?