Bola Internasional

Piala AFF 2022: Keputusan Wasit Vietnam vs Malaysia Bikin Netizen Muak, Ini Kata Bos Harimau Malaya

Rabu, 28 Desember 2022 12:02 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Kim Pan-gon selaku pelatih Harimau Malaya buka suara usai kontroversi keputusan wasit Ryuji Sato di laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022. (Foto: [email protected])

INDOSPORT.COMKim Pan-gon selaku pelatih Harimau Malaya buka suara usai kontroversi keputusan wasit Ryuji Sato di laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022.

Laga antara Vietnam vs Malaysia di match day ketiga Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion My Dinh, telah sukses digelar pada Selasa (28/12/22).

Namun laga tersebut sempat menuai kontroversi, terutama soal keputusan wasit Ryuji Sato yang dianggap merugikan skuad Malaysia.

Berdasarkan video yang beredar di jagat maya, saat itu terlihat anak asuh Kim Pan-gon yakni Azam Azmi dianggap melakukan pelanggaran.

Azmi dianggap melayangkan tendangan ke pemain Vietnam yakni Doan Van Hau, yang sejatinya terjadi di luar kotak penalti.

Namun Ryuji Sato selaku wasit di laga Vietnam vs Malaysia menilai bahwa peristiwa ini terjadi di dalam kotak sehingga tendangan penalti diberikan untuk skuad berjuluk The Golden Star Warrios di babak kedua.

Keputusan sang wasit pun langsung menuai protes dari pemain Malaysia dan tentu dari pendukung Harimau Malaya yang ikut mengamuk di media sosial.

Sempat menuai huru-hara, Kim Pan-gon selaku pelatih Malaysia akhirnya buka suara usai dibantai oleh Vietnam di fase grup Piala AFF 2022.

Kim Pan-gon mengakui kehebatan Vietnam, namun dirinya juga tak menyinggung soal kontroversi wasit Ryuji Sato.

Juru taktik asal Korea Selatan itu lebih lanjut mengatakan bahwa skuadnya memang memiliki kesempatan menang di laga Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022. Ia juga mengungkapkan tak memiliki keluhan lain.