Bola Internasional

Wasit Ryuji Sato Beri Penalti Kontroversial di Laga AFF 2022 Vietnam vs Malaysia, Tepatkah?

Rabu, 28 Desember 2022 17:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pertandingan antara Vietnam vs Malaysia pada laga Piala AFF 2022. (Foto: [email protected])

INDOSPORT.COM – Wasit Ryuji Sato mencuri perhatian usai mengeluarkan keputusan kontroversial di laga Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Malaysia. Apakah keputusannya sudah tepat?

Timnas Vietnam berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor telak 3-0 pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022 di Stadion My dinh, Vietnam, Selasa (27/12/22) malam WIB.

Golden Star Warriors menang di laga tersebut berkat gol dari Nguyen Tien Linh (pada menit ke-28), penalti Que Ngoc Hai (62'), Nguyen Hoang Duc (82').

Terlepas dari kemenangan tersebut, pertandingan diwarnai dengan hujan kartu merah yang diterima masing-masing pemain kedua kubu.

Vietnam harus lebih dulu dipaksa bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-32. Hal ini karena Nguyen Van Toan diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Ryuji Sato.

Malaysia kemudian menyusul harus bermain dengan sejumlah pemain sama setelah Azam Azmi otomatis diganjar kartu merah.

Video yang banyak beredar di media sosial memperlihatkan Azmi dianggap melakukan pelanggaran dengan melayangkan tendangan ke Doan Van Hau.

Pelanggaran ini sejatinya terjadi di luar kotak penalti, namun wasit Ryuji Sato menilai insiden ini terjadi di dalam kotak sehingga hadiah penalti diberikan untuk Vietnam.

Hal ini sempat mengundang protes dari para pemain timnas Malaysia. Bahkan komentator mempertanyakan keputusan Ryuji Sato ini.

Bukan hanya itu, Ryuji Sato menjadi sasaran amukan fans Malaysia yang meramaikan twitter dengan cuitan terkait insiden ini. Namun, apakah keputusan Ryuji Sato ini salah atau sudah tetap sesuai regulasi?