Bola Internasional

8 Pemain Thailand Jebolan Juara Piala AFF 2020 Harus Diwaspadai Indonesia, Bawa Memori Kelam Lagi?

Kamis, 29 Desember 2022 11:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand. Copyright: © PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus mewaspadai sejumlah pemain kunci Thailand jelang matchday ke-3 Grup A Piala AFF 2022, terutama jebolan tim juara di edisi 2020 lalu.

Duel seru tersaji dilanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Kamis (29/12/22) malam WIB.

Timnas Indonesia dan Thailand saat ini sama-sama memimpin klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin, setelah menang dua pertandingan.

Namun, Timnas Thailand kini lebih berhak menduduki puncak klasemen karena unggul agregat +9 gol, sementara Indonesia +8 gol.

Dengan demikian, siapa pun yang menang dalam laga yang dihelat di GBK nanti, akan menjadi pemuncak klasemen dan hampir pasti meraih tiket ke semifinal Piala AFF.

Para penggawa Garuda harus benar-benar fokus untuk laga ini. Euforia kemenangan atas Brunei mesti diredam. Pasalnya, level Brunei jelas berada jauh di bawah Thailand.

Faktanya, terakhir kali Timnas Indonesia bisa menang atas Thailand yakni pada first leg final Piala AFF 2016, dengan skor 2-1. Gol dari Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Setelahnya, skuat Garuda lebih sering tumbang. Indonesia tercatat mengalami empat kekalahan dan dua imbang kontra Thailand, sejak kemenangan terakhir di tahun 2016.

Pertemuan terakhir, Timnas Indonesia bisa menahan imbang Thailand 2-2 di final Piala AFF 2020 lewat gol Egy Maulana dan Ricky Kambuaya. Namun, kala itu tim bermain di Singapura. 

Sayangnya pada leg kedua, Timnas Indonesia tunduk dengan skor 0-4 dari Thailand. Kini, tim besutan Alexandre Polking berpotensi akan kembali bawa mimpi buruk tuan rumah, mengulanh memori final edisi 2020 lalu.

Sebab terdapat sejumlah pemain yang membawa Thailand juara AFF 2020 lalu, memperkuat tim untuk edisi kali ini. Total ada 8 pemain jebolan edisi sebelumnya yang harus diwaspadai oleh timnas Indonesia.