Bola Internasional

Indonesia vs Thailand: Teerasil Dangda, Si Maniak Rekor Pembawa Petaka Lini Pertahanan Shin Tae-yong

Kamis, 29 Desember 2022 11:34 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Teerasil Dangda mengontrol bola dalam sesi latihan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Teerasil Dangda mengontrol bola dalam sesi latihan.

INDOSPORT.COM - Jelang Timnas Indonesia vs Thailand, Teerasil Dangda masih menyandang gelar 'Si Maniak Rekor'. Hal ini menjadi petaka lini pertahanan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022.

Tua-tua keladi, makin tua makin jadi, ungkapan tersebut sangat pas bagi sosok Teerasil Dangda yang sampai saat ini masih membela Timnas Thailand.

Bukan tanpa alasan, di umurnya yang tak lagi muda Teerasil Dangda masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah turnamen Piala AFF.

Tercatat, ia sudah empat kali menjadi top skor Piala AFF, serta dua kali mengantarkan Thailand meraih juara kompetisi bergengsi se-Asia Tenggara tersebut.

Sosoknya yang menjadi mesin gol Tim Gajah Perang, bakal menjadi momok bagi lini pertahanan Shin Tae-yong di laga Indonesia vs Thailand Piala AFF 2022 nanti.

Teerasil Dangda meniti kariernya sebagai pemain sepak bola pada tahun 2003, kala itu ia membela klub bernama Assumption United.

Lebih lanjut, pria umur 34 tahun itu juga pernah membela klub raksasa Inggris, yakni Manchester City. Setelahnya, ia kerap kali bergonta-ganti klub.

Pada 7 Juli 2007, ia menjalani debutnya bersama Timnas Thailand di level senior. Bersama tim senior tercatat ia sudah mengoleksi 48 gol dalam 111 penampilan.

Selain itu, Teerasil Dangda menjadi striker yang cukup sering membobol gawang Timnas Indonesia, saat keduanya bersua di ajang Piala AFF.

Duel Timnas Indonesia vs Thailand sejatinya sudah dimulai sejak tahun 1998. Tercatat keduanya sudah 14 kali bertemu di seluruh kompetisi. Dalam jumlah pertemuan tersebut, skuad Garuda hanya mampu memetik dua kemenangan.