Bola Internasional

On This Day: 29 Desember 2021, Kala Timnas Indonesia Bertekuk Lutut di Hadapan Thailand

Kamis, 29 Desember 2022 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand, 29 Desember 2021. Copyright: © PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand, 29 Desember 2021.

INDOSPORT.COM - Tepat setahun lalu, 29 Desember 2021, timnas Indonesia harus bertekuk lutut di hadapan Thailand, di final leg pertama Piala AFF 2020.

Kala itu, Timnas Indonesia bersusah payah untuk bisa melenggang ke final Piala AFF 2020, yang dilangsungkan dengan sistem bubble di Singapura, pada akhir 2021.

Di babak grup, Indonesia menaklukkam Kamboja, Laos, Malaysia, dan bermain imbang tanpa gol kontra Vietnam.

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong lolos ke babak semifinal dengan status sebagai juara grup B, sehingga berjumpa dengan Singapura, runner up di Grup A.

Semifinal leg pertama timnas Indonesia vs Singapura berakhir dengan skor 1-1. Hingga di semifinal leg kedua, drama terjadi, yang berujung pada kemenangan Garuda 4-2.

Tentu masih lekat di ingatan bagaimana ketatnya persaingan timnas Indonesia vs Singapura, saat tiga pemain tuan rumah diusir karena mendapat tiga kartu merah.

Timnas Indonesia akhirnya melaju ke final dan menantang tim terkuat, yaitu Thailand, yang kala itu bisa memulangkan Vietnam.

Pertandingan final leg pertama antara timnas Indonesia vs Thailand berlangsung di Stadion Nasional Singapura, pada 29 Desember 2021, mulai pukul 20.30 WIB.

Jauh dari harapan, pada menit kedua pertandingan, Chanathip Songkrasin sudah mencatatkan namanya di papan skor usai menjebol gawang Nadeo Argawinata.

Indonesia hampir kebobolan lagi. Asnawi Mangkualam membuang bola tendangan Bordin Phala dari garis gawang, tapi bola liar kemudian ditanduk oleh Elias Dolah.