Bola Internasional

Jenazah Pele Bakal Dimakamkan di Memorial Necropole Ecumeniza Santos

Jumat, 30 Desember 2022 17:29 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Jenazah legenda Brasil, Pele akan dimakamkan di Santos. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo) Copyright: © REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Jenazah legenda Brasil, Pele akan dimakamkan di Santos. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo)

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola asal Brasil, Pele meninggal dunia, Kamis (29/12/22).Jenazahnya akan dimakamkan di Memorial Necropole Ecumeniza, Santos pada Selasa mendatang.

Kepergian Pele menjadi duka mendalam bagi dunia sepak bola internasional. Diketahui, ia sempat berjuang melawan penyakitnya, kanker usus selama satu tahun lebih.

Sosoknya yang menginspirasi jutaan orang sangat dielu-elukan. Buka apa-apa, Pele merupakan ikon kejayaan Timnas Brasil yang berhasil menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali.

Pele menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Albert Einstein, São Paulo. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh pihak keluarga dengan mengunggah foto sang legenda dibubuhi kalimat duka.

"Inspirasi dan cinta menandai perjalanan 'Raja' Pele, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga," tulisnya.

Jenazah pesepakbola dengan nama lengkap Edson Arantes de Nascimento itu rencananya akan disemayamkan di markas klub Santos, tempat yang membesarkan namanya.

Dilansir dari AP, pihak klub dijadwalkan akan mengadakan penghormatan terakhir untuk jenazah sang legenda pada Senin (1/1/2023) di markas klub, Stadion Vila Belmiro.

Lebih lanjut, Pele rencananya akan dimakamkan di Memorial Necropole Ecumeniza, Santos, Brasil, pada Selasa (2/1/2023).

Prosesi pemakaman tersebut akan digelar secara tertutup dan hanya pihak keluarga yang diizinkan untuk menghadiri.

Sebelum era Messi dan Ronaldo bergemuruh, Pele sudah dahulu menghibur dunia sepak bola dengan gaya bermainnya di lapangan. Tak elak ia meraih sejumlah penghargaan bergengsi di masanya.