Liga Indonesia

Situasi Sepak Bola Indonesia Serba Tak Pasti, Pelatih Madura United Wajib Beradaptasi

Jumat, 30 Desember 2022 21:22 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MO Madura United
Pelatih Madura United, Fabio Lefundes. Copyright: © MO Madura United
Pelatih Madura United, Fabio Lefundes.

INDOSPORT.COM - Fabio Araujo Lefundes mengaku sempat kaget dengan situasi yang serba tidak pasti dalam semua agenda sepak bola Indonesia.

Pelatih kebangsaan Brasil itu memang baru kali ini merasakan pengalaman berkarier di Indonesia, setelah menerima tawaran Madura United.

Namun, dia mendapati situasi sulit sejak awal musim ini, terutama perihal penetapan jadwal baik selama pramusim hingga kompetisi digelar.

"Bayangkan, kita tidak pernah tahu kapan piala (turnamen) dan kompetisi digelar," ucap Fabio Lefundes usai latihan tim di Madura, Rabu (28/12/22).

"Hal ini saya alami disini. Tentu sangat sulit memelajarinya, karena saya terbiasa dengan jadwal kompetisi yang pasti," tambah dia.

Sebelumnya, Lefundes memang sudah malang melintang di kompetisi negara-negara Asia, khususnya di kawasan timur.

Pelatih berusia 50 tahun itu tercatat 6 musim terlibat ke dalam staf kepelatihan di klub papan atas Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors (2011-2017).

Fabio Lefundes kemudian melanjutkan kariernya di Liga China, dengan menjabat sebagai asisten pelatih Shandong Luneng (2017-2020).

Dia lalu sempat pulang kampung dengan menjadi asisten pelatih klub Serie A Brasil, Botafogo, pada 2020 sebelum ke Madura United pada November 2021.

"Sepanjang pengalaman itu, saya sudah tahu kapan kompetisi dimulai dan berakhir sejak awal. Jadi mudah untuk menyusun persiapan tim," ujar Lefundes.