Bola Internasional

Main di Lapangan Sintetis Lawan Filipina di Piala AFF 2022, Begini Respons Berkelas Ilija Spasojevic

Minggu, 1 Januari 2023 06:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic mengatakan sudah siap melawan tuan rumah, Filipina pada laga keempat Grup A Piala AFF 2022, Senin (02/01/23) di di Stadion Rizal Memorial. Skuad Garuda telah lakukan persiapan maksimal.

Laga kontra Filipina vs Timnas Indonesia ini sangat krusial bagi Indonesia karena menentukan peluang lolos ke semifinal atau tidak. Pasalnya, Kamboja yang berada di peringkat ketiga Grup A hanya berjarak satu poin.

Spaso menyatakan tidak ada kata lain selain menang. Dia mengincar posisi juara Grup A agar lebih aman ke babak selanjutnya.

"Persiapan maksimal, kita tau belum lolos. Kamboja masih ada peluang, jadi untuk lolos kita butuh kemenangan dan untuk juara grup kita butuh kemenangan lebih satu gol dari Thailand," kata Ilija Spasojevic atau Spaso.

Pemain Bali United tersebut mengaku tak masalah dengan lapangan Stadion Rizal Memorial yang menggunakan rumput sintetis.

Timnas Indonesia telah melakukan antisipasi dengan latihan di lapangan ABC Senayan yang punya tipe rumput serupa. 

Lapangan sintetis memang butuh fokus lebih tinggi karena aliran bola lebih cepat dan itu tentu menyulitkan saat lakukan kontrol.

"Lapangan sintetis memang tidak ideal,  tidak sempurna. Tida biasa di Indonesia main di lapangan sintetis, tapi harus adaptasi tak ada cara lain," ujar Spaso.

"Lapangan sintetis semua beda, aliran bola, kontrol bola, cara lari semua beda. Makanya habis lawan Thailand kami langsung datang ke sini (Filipina) untuk adaptasi," imbuhnya.

"Kemarin kami juga latihan di sintetis ABC di Senayan. Jadi saya pikir kami walau tak biasa di sintetis harus bekerja maksimal," tambah pemain naturalisasi itu.