Bola Internasional

Sahabat Kental, Thailand Ajak Indonesia Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Minggu, 1 Januari 2023 09:04 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Memang sahabat kental, Thailand mengajak Indonesia untuk maju menjadi tuan rumah Piala Dunia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Memang sahabat kental, Thailand mengajak Indonesia untuk maju menjadi tuan rumah Piala Dunia.

INDOSPORT.COM – Memang sahabat kental, Thailand mengajak Indonesia untuk maju menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia menjadi ajang terakbar sepak bola internasional empat tahunan yang ditunggu-tunggu para penggemar sepak bola.

Piala Dunia ini awalnya sempat menggunakan sistem tuan rumah bergantian dari setiap benua yang mana Afrika Selatan (2010) menjadi host pertama dari kebijakan tersebut.

FIFA kemudian melanjutkan sistem tersebut pada 2014 yang mana Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia dari benua Amerika Selatan.

Namun, pada 29 Oktober 2007 lalu, FIFA mengumumkan tidak akan melanjutkan sistem rotasi tuan rumah Piala Dunia bergantian dari setiap benua.

Sebagai gantinya, FIFA menerapkan setiap negara bisa mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia asalkan konfederasi benua mereka belum menjadi tuan rumah salah satu dari dua Piala Dunia terakhir.

Maka dari itu, negara dari benua Afrika dan Amerika Selatan tidak boleh mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 pada saat itu.

Sementara itu, Piala Dunia 2022 sudah jatuh pada negara Asia, Qatar, sehingga benua tersebut tentu belum bisa menjadi tuan rumah dalam waktu dekat.

Kendatipun demikian, Thailand sudah mengajak Indonesia maju menjadi tuan rumah Piala Dunia ke depan.