Bola Internasional

Brasil Libur 3 Hari, Berkabung atas Wafatnya Pele sang Juara Piala Dunia 3 Kali

Jumat, 30 Desember 2022 19:37 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Legenda Brasil, Pele, semasa hidup. Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo. Copyright: © REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Legenda Brasil, Pele, semasa hidup. Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo.

INDOSPORT.COM – Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mendeklarasikan libur tiga hari sebagai wujud berkabung atas meninggalnya Pele, legenda yang sudah mempersembahkan tiga gelar Piala Dunia.

Legenda sepak Bola Brasil, Pele, meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Kamis (29/12/22) waktu setempat.

ia meninggal dunia setelah melawan penyakitnya, mengingat beberapa bulan terakhir sang legenda melakukan kemoterapi untuk tindak lanjut perawatannya.

Pria kelahiran Tres Coracoes pada 23 Oktober 1940 tersebut, divonis mengalami sejumlah kegagalan organ, akibat komplikasi kanker usus besar.

“Pele meninggal dunia karena sejumlah kegagalan organ akibat perkembangan kanker usus besar dan beberapa kondisi medis sebelumnya,” tulis pernyataan RS Albert Eisntein dikutip dari Antara.

Presiden Jair Bolsonaro lantas mendeklarasikan bahwa Brasil akan berabung secara resmi setelah mengetahui kematian Pele.

“Jair Bolsonaro mengumumkan tiga hari berkabung resmi setelah kematian Edson Arantes do Nascimento, yang dikenal sebagai Pele,” tulis laporan yang dikutip dari Brazilian Report.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas apa yang dilakukan oleh Pele untuk Brasil, mengingat dirinya telah mempersembahkan tiga gelar Piala Dunia.

Selain itu, Pele juga dianggap sebagai pria yang memiliki patriot hebat. Serta, sang legenda selalu mengangkat nama Brasil ke mana pun dia pergi.

Deklarasi yang dikeluarkan oleh Presiden Brasil tersebut lantas mengundang respons dari beberapa wilayah Brasil untuk melakukan aksi ‘tribute for Pele’.